oleh

Kertas Toilet Berwarna & Wangi Tidak Baik untuk Kesehatan?

Kabar6-Tidak melulu putih, kini kertas toilet yang tersedia di perkantoran, mall, restoran, dan tempat umum lainnya, tersedia dalam aneka warna dan wangi. Disebutkan, warna berbeda hanya semata untuk memperbaiki faktor estetika.

Meskipun memberikan nuansa baru dan menarik perhatian, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bila menggunakan kertas toilet dengan warna-warna menarik dan wangi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena mengandung sintetis dan bahan kimia di dalamnya. Dilansir Boldsky, berikut adalah efek buruk dari kertas toilet berwarna dan wangi:

1. Infeksi uretra
Bahan kimia yang ada di dalam kertas toilet wangi dan berwarna bisa masuk ke uretra saat digunakan untuk membersihkan, bahkan dampaknya bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

2. Infeksi ragi
Terutama pada kaum hawa, bahan kimia dalam kertas toilet berwarna dan wangi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur di area kewanitaan yang dapat menimbulkan infeksi jamur dan mengakibatkan gatal, bau tidak sedap serta kram.

3. Infeksi rektum
Karena kertas toilet berwarna atau wangi juga bisa digunakan untuk membersihkan daerah rektum, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa mengiritasi daerah sensitif ini dan dapat menyebabkan infeksi.

4. Kanker serviks
Penelitian telah mendeteksi adanya karsinogen tertentu pada kertas toilet berwarna dan wangi, yang dapat menyebabkan kanker serviks. ** Baca juga: 5 Makanan & Minuman yang Bantu Redakan Sakit Kepala

Jadi lebih berhati-hati lagi memilih jenis kertas toilet, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru