oleh

Kertas Toilet Berwarna dan Harum Tidak Disarankan?

Kabar6-Toilet, baik yang berada di kantor, mall, restoran, dan berbagai fasilitas umum biasanya dilengkapi dengan tisu (kertas toilet) sehingga orang dapat menggunakannya untuk tetap bersih dan kering.

Tidak hanya putih, saat ini sudah banyak kertas toilet dengan aneka warna sehingga terlihat menarik. Termasuk juga kertas toilet yang memiliki aroma seperti parfum.

Sebuah penelitian, melansir She, menemukan bahwa menggunakan kertas toilet dengan warna-warna menarik dan wangi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena mengandung sintetis dan bahan kimia di dalamnya.

Apa saja efek buruk kertas toilet berwarna dan wangi?
1. Infeksi uretra
Bahan kimia yang ada di dalam kertas toilet wangi dan berwarna bisa masuk ke uretra saat digunakan untuk membersihkan, bahkan dampaknya bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

2. Infeksi ragi
Terutama pada wanita, bahan kimia dalam kertas toilet berwarna dan wangi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur di area kewanitaan yang dapat menimbulkan infeksi jamur dan mengakibatkan gatal, bau tidak sedap serta kram.

3. Infeksi rektum
Karena kertas toilet berwarna atau wangi juga bisa digunakan untuk membersihkan daerah rektum, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa mengiritasi daerah sensitif ini dan dapat menyebabkan infeksi.

4. Kanker serviks
Penelitian telah mendeteksi adanya karsinogen tertentu pada kertas toilet berwarna dan wangi, yang dapat menyebabkan kanker serviks. ** Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Anda Lebih Sehat dalam Waktu 1 Minggu

Yuk, lebih selektif lagi memilih kertas toilet yang akan digunakan sehari-hari agar terhindar dari efek buruk bagi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru