Kertas Pembungkus Makanan Juga Miliki Kandungan Bahan Kimia Berbahaya

lustrasi/bbs

Kabar6-Banyak kita lihat makanan yang dijajakan di pinggir jalan dikemas dalam kertas pembungkus berwarna cokelat. Bahkan, gorengan dibungkus memakai kertas bekas pakai atau kertas koran.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kertas pembungkus makanan tersebut mengandung BPA yang diyakini berbahaya bagi tubuh. Seperti dilansir Kompas, BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah makan, bukan hanya plastik, tetapi juga kertas. Awalnya BPA digunakan pada wadah makanan kaleng agar kaleng tersebut tidak mudah berkarat.

Kurunthachalam Kannan, Ph.D., seorang ilmuwan riset di New York State Department of Health, menyatakan bahwa BPA juga terkandung pada kertas pembungkus makanan dengan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.

Sejauh ini, para pakar kesehatan menduga bahwa BPA dapat memunculkan beragam efek negatif antara lain seperti:

1. Risiko keguguran meningkat tiga kali lipat pada wanita hamil yang terpapar BPA. Wanita usia subur yang terpapar BPA dilaporkan mengalami penurunan produksi sel telur sehat dan berisiko dua kali lebih tinggi untuk sulit hamil.

2. Pada pasangan dengan program bayi tabung, pria yang terpapar BPA berisiko hingga 30-46 persen untuk menghasilkan embrio berkualitas rendah karena jumlah sperma yang dimilikinya rendah.

3. Pria pekerja pabrik manufaktur BPA di Cina mengalami sulit ereksi dan sulit orgasme hingga 4,5 kali lipat ketimbang pria yang tidak bekerja di pabrik BPA.
4. Anak yang lahir dari ibu dengan paparan BPA tinggi ditemukan lebih hiperaktif, agresif, serta rentan cemas dan depresi.
5. Paparan BPA pada pria meningkatkan risiko kanker prostat dan kanker payudara pada wanita, karena BPA memengaruhi perkembangan prostat dan jaringan payudara.

Meski demikian, kebanyakan studi mengenai keamanan BPA dan dampaknya terhadap tubuh belum benar-benar meyakinkan. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian terhadap manusia untuk dapat memastikan hal tersebut. ** Baca juga: Ini Penyebab Mengapa Mulut Berbau Saat Datang Bulan

Demi kesehatan, kurangi penggunaan wadah yang mengandung BPA, khususnya juga kertas pembungkus makanan. Jika sudah telanjur menggunakan kertas pembungkus, jangan biarkan makanan Anda terlalu lama terbungkus di dalamnya. Segera pindahkan ke wadah lain.(ilj/bbs)