oleh

Keriput Bukan Biang Keladi Seseorang Terlihat Tua

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menjadi tua tidak terjadi begitu aja. Ada penjelasan ilmiah yang dapat menjawab hal tersebut. Berdasarkan data dari tim Erasmus University Medical Centre, Belanda, usia adalah masalah gen.

Ada satu gen bernama MC1R atau aging gene (gen penuaan), yang muncul dalam berbagai cara, seperti rambut merah atau biasa disebut the ginger gene. Banyak orang merasa beruntung karena terlihat lebih muda dari umur mereka sebenarnya. Sebaliknya, tidak sedikit juga orang yang mengeluh karena terlihat lebih tua dari usianya.

Para peneliti, dikutip dari bintang.com, meminta beberapa relawan untuk menebak umur pria dan wanita yang terdapat pada 4.000 foto. Selanjutnya, mereka diberikan DNA dari masing-masing orang di dalam foto. Hal itu untuk mengetahui mana orang-orang yang tampak lebih tua, dan sebaliknya.

Faktanya, bagian pertama dari DNA manusia, kode genetiklah yang bisa memengaruhi tampilan umur seseorang kepada orang lainnya. Gen selalu diciptakan berpasangan.

Sekira enam persen dari gen ini terlahir sebagai gen penuaan. Kondisi ini akan membuat seseorang terlihat dua tahun lebih tua dari orang lain yang tidak memiliki gen ini sama sekali.

Dijelaskan, sekira 43 persen manusia memiliki gen penuaan ini dan terlihat satu tahun lebih tua dari umur mereka. Sisanya, mereka tidak memiliki gen penuaan sama sekali.

Para peneliti juga menemukan, orang-orang yang terlahir dengan gen penuaan ini tidak akan terpengaruh banyak dengan keriput dan tanda-tanda penuaan yang lainnya. ** Baca juga: Unik & Aneh, Tren Diet dari Lima Negara

Meskipun demikian, belum ada alasan yang tepat bagaimana gen ini bisa mempengaruhi tanda-tanda penuaan pada seseorang. (ilj/bbs)

Berita Terbaru