oleh

Kerap Menyerang Warga, Pemkot Yamaguchi Eksekusi ‘Monyet Perampok’

Kabar6-Tim pemburu khusus di Pemerintah Kota (Pemkot) Yamaguchi, Jepang, menangkap dan mengeksekusi kawanan monyet perampok, karena telah menyerang dan melukai 50 orang di kota tersebut.

Gerombolan kera Jepang (Macaca fuscata), melansir Livescience, diketahui sudah selama hampir satu bulan meneror kota dengan menggigit dan mencakar penduduk. Tidak hanya menyerang orang-orang di jalanan, monyet-monyet juga belajar cara membuka pintu geser dan naik ke jendela.

Selama berminggu-minggu, Pemkot Yamaguchi memburu kawanan monyet perampok yang menarik perhatian nasional. Dalam satu insiden, seekor monyet masuk ke ruang kelas taman kanak-kanak dan melompat ke atas bocah berusia empat tahun. Dalam insiden lain, seekor monyet juga telah memanjat melalui jendela dan diduga mencoba ingin mengambil bayi.

“Saya mendengar tangisan datang dari lantai dasar, jadi saya bergegas turun. Lalu saya melihat seekor monyet membungkuk di atas anak saya,” kata ayah bayi itu. ** Baca juga: 4 Pelaku Perdagangan Manusia Diarak Bawa Poster Bertuliskan Nama dan Foto Mereka

Beberapa warga pun mulai mempersenjatai diri dengan payung dan gunting untuk melindungi diri dari kawanan monyet. Para pemburu yang ditugaskan khusus dapat menembak salah satu monyet itu dengan senjata penenang. Monyet perampok tersebut diperkirakan berusia empat tahun dan tingginya sekira setengah meter.

Perubahan demografi Jepang juga diyakini berkontribusi pada meningkatnya konflik antara kera dan manusia. Tetapi hilangnya satu anggota monyet tidak menghentikan geng monyet lainnya. Hampir seminggu kemudian, kera terus mendatangkan malapetaka di Yamaguchi.(ilj/bbs)