oleh

Kerangka Dinosaurus Sepanjang 9 Meter Terjual Seharga Puluhan Miliar

Kabar6-Dalam sebuah acara lelang yang diadakan di lantai satu menara Eiffel, Paris, dilaporkan telah terjual kerangka dinosaurus sepanjang sembilan meter, dengan harga Rp30 miliar. Namun identitas penjual maupun pembelinya tidak dipublikasikan atas permintaan mereka.

Tulang-tulang dinosaurus tadi ditemukan di sebuah rumah di Wyoming, AS, pada 2013 lalu. Menurut hukum di AS, apa pun yang ditemukan di lahan pribadi, otomatis akan menjadi hak si pemilik tanah. Dan inilah yang membuat pemilik lahan tempat ditemukannya kerangka dinosaurus itu dinilai legal secara hukum untuk melakukan apa saja terhadap kerangka ini, termasuk menjualnya.

Keruan saja acara lelang tadi, melansir sputniknews, membuat para pengelola museum geram. Hal itu karena kerangka dinosaurus yang ditampilkan di menara Eiffel hingga saat ini belum diketahui jenisnya, karena kemungkinan besar merupakan spesies baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Diduga, kerangka ini hidup sekira 154 juta tahun yang lalu, lebih tepatnya dari era Jurassic.

Disebutkan Society of Vertebrate Paleontology, kasus ini dapat berujung pada dibuatnya peraturan baru yang akan diterapkan di balai lelang. Lembaga ini mengharapkan acara lelang yang menjual tulang hewan purba agar dibatalkan, karena kerangka ini sangat berguna untuk keperluan riset dan ilmu pengetahuan. ** Baca juga: Ini Fakta Tentang Diet & Gaya Hidup Nyeleneh Beberapa Model Dunia

Di sisi lain, ada sedikit titik terang dalam permasalahan ini. “Sebelum acara dimulai, pembeli kerangka ini menyebutkan, kalau saya berhasil mendapatkannya, saya akan menampilkannya di depan publik. Ia akan meminjamkannya ke museum agar semua orang dapat melihatnya,” kata Claude Aguttes dari balai lelang Aguttes yang bertanggung jawab untuk acara lelang di menara Eiffel itu. Selain dipinjamkan ke museum, ditambahkan Claude, pembeli juga akan mengizinkan para ilmuwan untuk meneliti kerangka ini. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Semoga janji itu akan ditepati.(ilj/bbs)

Berita Terbaru