Keranggan, Kampung Industri Wisata di Tangsel

Salah satu sudut Kampung Industri Wisata Keranggan.(Fit)

Kabar6–Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menjadikan Kelurahan Keranggan menjadi Kampung Industri Wisata.

Hal itu diungkapkan Kabid Industri pada Disperindag Tangsel, Ferry Payacun. Dikatakannya, Keranggan ini adalah kampung industri pariwisata yang didukung 107 industri makanan ringan tradisional, seperti kerripik pisang, keripik singkong, enyek, opak, kembang goyang, kacang sangrai dan lainnya.

Dia juga menjelaskan, kenapa Keranggan menjadi kampung industri wisata. Dikarenakan, para pengunjung/konsumen yang ingin membeli makanan ringan tradisional akan diajak untuk melakukan proses produksinya langsung bersama si pelaku usaha.

“Konsumen dan pengunjung diajak langsung melakukan proses produksi sebelum membeli produk makanan ringan tradisional itu. Jadi, mereka (pengunjung) tak hanya sekedar membeli produk kuliner, tapi juga turut serta dalam proses produksinya,” kata Ferry, Rabu (6/12/2017).

Di Kampung Industri Wisata Keranggan ini, para pengunjung dapat menikmati wisata air Cisadane, wisata home industri, wisata kuliner dan wisata alam outbond serta kolam pemancingan.

Dalam kesempatan itu juga, Ferry mengatakan, kalau pihaknya menjalin kerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk melatih warga dan para pemuda Keranggan fasih berbahasa Inggris.

“Mempersiapkan diri menjadi kampung industri wisata, para pemuda Keranggan dan perwakilan pemuda dari 7 Kecamatan di Tangsel, akan dilatih berbahasa Inggris satu kali seminggu selama tiga tahun,” tegasnya.

Disamping pembelajaran bahasa Inggris, UMN juga memberikan pengajaran tentang wawasan tata cara berbisnis yang sesuai perkembangan jaman.

Memenuhi fasilitas di Kampung Industri Wisata Keranggan, Disperindag Tangsel juga menggandeng PT Telkom untuk memasang fasilitas wi-fi.

Kata Ferry, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PT Telkom untuk memasang fasilitas wi-fi di Kampung Industri Wisata Keranggan. “Hingga hari ini pihak Telkom masih memasang jaringan untuk masuk ke Kampung Industri Wisata Keranggan,” paparnya.**Baca juga: Hari Ke-2, Lomba Poto & Marawis Meriahkan Festival Industri Kreatif Keranggan.

Ferry juga mengatakan, pihak Telkom juga memberikan kontribusi untuk menambah wawasan warga dan para pemuda Keranggan dengan mengajarkan tata cara berdagang online, yang dilakukan tim pakar dari Telkom.(fit)