oleh

Kentang Sebagai Alternatif Pengganti Nasi Saat Diet

Kabar6-Menjaga berat badan tetap stabil penting dilakukan agar terhindar dari obesitas. Dan umumnya, para pelaku diet berusaha menghindari nasi, bahkan sama sekali tidak mengonsumsi nasi.

Padahal, Anda dapat mencoba mengonsumsi kentang sebagai alternatif pengganti nasi. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kentang dua kali sehari tidak akan mengurangi berat badan, hanya saja dapat menurunkan tekanan darah.

Karena itu penyajiaan kentang untuk konsumsi harus diperhatikan. Meskipun demikian, kentang masih dapat memenuhi nutrisi tubuh. Melansir beberapa sumber, berikut kandungan dalam kentang yang bermanfaat untuk diet:

1. Serat
Kentang dapat mengendalikan berat badan karena memiliki banyak serat. Serat pangan yang terkandung dalam kentang dapat membatasi selera makan, karena sistem pencernaan serat ini berfungsi sebagai pengganjal yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Kandungan serat dalam kentang juga dapat membantu metabolisme tubuh. Serat tersebut dapat membantu memperlancar pembuangan dari sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Karbohidrat
Sama halnya dengan serat, kandungan karbohidrat dalam kentang juga efektif menahan rasa lapar. Untuk mendapat karbohidrat yang cukup, kentang sebaiknya diolah menjadi kentang rebus atau dipanggang.

3. Kandungan B6
Kandungan B6 yang terdapat pada kentang dapat memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino yang berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh.

4. Mineral
Kandungan mineral seperti magnesium, fospor, dan pottasium dalam kentang rebus bermanfaat untuk membangun fungsi otot, jaringan saraf, dan kesehatan tulang.

5. Kalori
Kalori tinggi yang terdapat pada kentang, selain dapat menahan lapar, juga dapat membuat Anda tidak ingin makan makanan lain. Ini karena sari pati atau daging dalam kentang sudah memenuhi perut.

6. Vitamin
Kentang kaya akan vitamin c yang membantu Anda terlihat fit dan segar. Vitamin juga diperlukan untuk menjaga diet Anda. ** Baca juga: Hati-hati, Duduk dan Nonton TV Terlalu Lama Bisa Picu Penyakit

7. Kaya air
Kentang mengandung air yang cukup untuk dapat mengusir rasa lapar. Kandungan air dalam kentang efektif mengusir rasa lapar. Dengan mengonsumsi kentang, Anda tetap dapat menjaga kesehatan dan asupan nutrisi.

Jadi jangan khawatir untuk diet sehat dengan mengonsumsi kentang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru