Kentang Berwarna Hijau Berbahaya?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Umumnya bagian kulit kentang berwarna kuning kecoklatan yang cerah. Karena itulah sebagian besar orang mengatakan bahwa kentang berwarna hijau mengandung racun atau beracun. Benarkah demikian?

Faktanya kentang yang berubah menjadi hijau, seperti dilansir NYT, karena mengandung banyak senyawa solanin, racun yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual dan masalah neurologis. Menurut ahli kesehatan, kentang hijau itu memang beracun dan bukan sekadar mitos belaka.

Secara alami, kentang memproduksi senyawa solanin untuk mempertahankan diri dari hama. Dan ketika solanin terkena temperatur yang hangat, maka warnanya akan berubah menjadi lebih cerah.

Meskipun warna hijau pada kentang disebabkan oleh tingginya kadar klorofil ini tidak berbahaya, bisa jadi hal itu tanda kadar solanin sangat tinggi yang diproduksi bersamaan dengan klorofil.

Menurut laporan Alexander Pavlista, profesor agronomi dan hortikultura di University of Nebraska, pria seberat 100 pon bisa jatuh sakit bila mengonsumsi 16 ons kentang hijau. ** Baca juga: Konon, Ini Makanan Super 2018 yang Paling Dicari

Agar kadar solanin tidak berkembang, biasanya kentang akan disimpan di tempat yang sejuk sebelum dijual ke pasaran. Namun jika kentang rasanya pahit, sebaiknya jangan dikonsumsi karena kemungkinan besar kentang tersebut beracun.(ilj/bbs)