oleh

Kendalikan Mood Melalui Cara Ini

Kabar6-Perubahan mood bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain sindrom prahaid (PMS-premenstrual syndrome), stres, kurang tidur, mengonsumsi minuman beralkohol, maupun faktor gangguan bipolar.

 

Kondisi ini tentu saja membuat lingkungan sekitar menjadi tidak nyaman. Nah, bagaimana mengendalikan mood? Berikut tips sederhananya:

 

1. Waktu tidur yang cukup

Jika tubuh Anda cukup istirahat, maka produksi hormon serotonin akan meningkat, sehingga Anda pun tidak gampang dikendalikan oleh emosi.

 

2. Batasi mengonsumsi kafein, alkohol, dan gula

Minuman berkafein pada dasarnya meningkatkan rasa cemas dan membuat sulit tidur pada. Sedangkan minuman beralkohol akan mendorong Anda menjadi cepat depresi. Perubahan mood juga disebabkan oleh perubahan kadar gula dalam darah.

 

3. Perhatian asupan makanan

Perubahan mood mendadak dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan indeks glikemik rendah. Misalnya kacang kedelai, ikan salmon, sereal atau roti gandum.

 

Asupan kalsium dan vitamin B dapat mengurangi stres dan depresi. Sementara cokelat mengandung zat endorfin yang bisa mendatangkan perasaan bahagia.

 

4. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat mengurangi hormon negatif yang menjadi penyebab bad mood.

 

5. Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu produksi endorfin, yakni zat kimia yang dikeluarkan otak untuk memberi rasa senang. Rutin berolahraga membuat kondisi tubuh prima.

 

6. Mengekspresikan hobi.

Melakukan hobi terbukti merupakan salah satu cara melepas stres dan depresi. ** Baca juga: Mengapa “Mata Panda” Muncul?

 

Berdamai dengan diri sendiri juga membuat mood Anda tetap stabil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru