oleh

Kendalikan Berat Badan Saat Lebaran

Kabar6-Hidangan lebaran selalu identik dengan makan enak. Dan seringkali karena ada banyak menu makanan yang lezat, Anda menjadi kalap dan tidak mengontrol nafsu makan. Akibatnya tentu saja tubuh makin melara.

Lantas bagaimana cara untuk menurunkan berat badan yang cepat dan sehat? Melansir Grid, ada beberapa aturan sederhana yang perlu dilakukan Agar Anda tetap bisa menjaga berat badan di Hari Raya nanti. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi makanan berkualitas tinggi
Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan juga protein khususnya agar tidak mudah lapar, tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.

2. Bergerak lebih aktif
Lakukan aktivitas fisik yang lebih aktif, terutama jika tubuh jarang aktif selama puasa Ramadan atau cenderung lebih sering bermalas-malasan. Hal ini penting untuk membentuk tubuh agar tidak ada selulit dan sisa kulit yang menggelambir selama masa diet, terutama setelah Anda melewati bulan puasa.

3. Tidur
Diet juga sangat berkaitan dengan waktu tidur. Karena itulah disarankan tidur teratur dan cukup. Istirahat yang cukup penting untuk proses metabolisme tubuh.

4. Waktu tidur yang konsisten
Hal ini kerap menjadi masalah bagi para pekerja malam. Waktu yang sebetulnya digunakan untuk tidur justru malah mengharuskan mereka untuk bangun. Kondisi tersebut tentu akan mempengaruhi diet Anda.

Jadi, aturlah jam tidur dengan baik agar tubuh bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Hindari pula hal-hal yang dapat mengganggu tidur Anda, contohnya bermain ponsel sebelum tidur.

5. Kelola stres
Stres yang berlebih justru akan membuat Anda merasa lapar lebih sering. Karena itulah, dalam masa diet sangat penting untuk menghindarkan diri dari stres. Lakukan kegiatan menyenangkan atau bermanfaat yang akan menghindarkan tubuh serta pikiran Anda dari rasa stress.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru