oleh

Kenapa Sih Sering Telat Menstruasi?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi.

Pada wanita, siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. Walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.

Namun terkadang, Anda sering mengalami telat menstruasi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apa penyebabnya? Dikutip dari beautynesia, berikut uraiannya:

1. Stres
Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stres. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatus siklus haid. Stres juga dapat membuat berat badan turun atau naik secara drastis. Dan hal ini pun menjadi penyebab menstruasi datang terlambat.

2. Sindrom Polycystic Ovary
Sindrom Polycystic Ovary atau PCO merupakan kelainan pada tubuh wanita, di mana tubuh lebih banyak menghasilkan hormon androgen. Hal ini dapat menyebabkan gagalnya proses ovulasi. Jika tidak terjadi proses ovulasi, maka tidak terjadi pula menstruasi atau haid.

3. Berat badan tidak normal
Berat badan yang tidak normal, entah terlalu rendah atau berat badan berlebihan hingga mengalami obesitas merupakan salah satu faktor menstruasi datang terlambat. Seseorang yang memiliki bobot tubuh terlampau rendah atau jauh di atas berat ideal, dapat menyebabkan fungsi organ tubuh terganggu, termasuk fungsi organ kewanitaan. Dan hal ini dapat menghambat proses ovulasi.

4. Penyakit tiroid
Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid di mana hormon ini mempengaruhi kerja estrogen yang merupakan hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi. ** Baca juga: Jenis Makanan yang Bantu Lawan Flu

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru