oleh

Kenang Masa Lalu itu Gak Selalu Sia-sia Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang saat terjebak kenangan masa lalu, Anda sering menerima nasihat agar segera melupakannya. Padahal tidak sedikit orang yang masih sulit melupakan masa lalu, alias belum bisa move on.

Tahukan Anda bahwa mulai abad ke-19 peneliti mengungkapkan bahwa nostalgia ternyata bermanfaat bagi kesehatan otak? Dikutip dari kawaiibeautyjapan, ini lho manfaat mengenang masa lalu untuk kesehatan:

1. Melatih daya ingat
Mengenang masa lalu nyatanya membuat daya ingat menjadi lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena otak akan mengaktifkan bagian-bagian yang menyimpan memori masa lalu.

Secara tidak langsung, kekuatan daya ingat akan semakin meningkat. Anda menjadi terbiasa untuk mengingat hal-hal yang pernah dialami, bahkan dalam jangka waktu beberapa puluh tahun yang lalu.

2. Mood jadi lebih stabil
Orang-orang cenderung berbahagia ketika mengenang masa lalu. Meskipun hal yang diingat adalah peristiwa menyedihkan atau mengecewakan.
Hal itu karena kebanyakan orang merasa beruntung bisa melalui masa-masa sulit dalam hidupnya. Sewaktu kenangan tersebut kembali diingat, ada perasaan beruntung dan senang. Alhasil mood Anda pun akan menjadi lebih stabil.

3. Belajar dari pengalaman masa lalu
Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Itulah sebabnya masa lalu membuat seseorang berangsur-angsur jadi pribadi yang lebih baik lagi.

4. Meningkatkan daya imajinasi
Tidak ada yang bisa melarang Anda untuk berimajinasi, karena imajinasi justru membuat pola pikirmu semakin berkembang dan kreatif.

5. Memperkuat hubungan Anda dengan orang lain
Mungkin Anda akan mengingat-ingat sahabat lama atau orang terdekat yang sudah lama tidak dijumpai. Secara tidak langsung, nostalgia bisa memperkuat hubungan Anda dengan orang lain. ** Baca juga: Alasan Mengapa Orang Bersin Hingga Tiga Kali

Jadi, mengenang masa lalu bukan berarti tidak bisa move on lho.(ilj/bbs)

Berita Terbaru