oleh

Kenali Tanda Tubuh Alami Kolesterol Tinggi

Kabar6-Kolesterol selalu dihubungkan dengan sejumlah penyakit berbahaya seperti antara lain stroke, atau jantung. Padahal sebenarnya, kolesterol adalah senyawa lemak yang baik dan bermanfaat untuk tubuh, yang utamanya membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang sehat, hormon, dan vitamin D.

Kolesterol menjadi tidak baik ketika jumlahnya dalam tubuh terlalu banyak. Ketika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebihan, maka ia akan berubah menjadi senyawa jahat dan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang paling umum adalah kepala pusing atau area leher atau pundak terasa kencang dan pegal. Namun sebetulnya, masih banyak ciri kolesterol tinggi yang bentuknya adalah gangguan kesehatan lain. Melansir Glitzmedia, kenali sejumlah tanda tubuh alami kolesterol tinggi:

1. Gangguan saluran cerna
Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah munculnya gangguan di saluran pencernaan Anda. Ketika kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka cara bekerja empedu jadi tidak seimbang. Ketika empedu tidak bekerja secara seimbang, maka akan menyebabkan munculnya batu empedu.

Menurut penelitian, hampir 80 persen batu empedu merupakan batu kolesterol. Diketahui, kolesterol berlebih dalam arteri atau pembuluh darah, juga akan menghalangi aliran darah ke ginjal dan lambung. Jika arteri tersumbat, maka usus bisa mengalami gangguan sindrom iskemik. Jika Anda mengalami gangguan sindrom iskemik, maka yang akan terjadi pada tubuh adalah sakit perut, mual, muntah, hingga berdarah saat BAB.

2. Diabetes
Ciri-ciri kolesterol tinggi yang kedua adalah Anda mengalami gangguan kesehatan lain yakni diabetes. Nah, diabetes terutama tipe 2, adalah gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Orang dengan diabetes memiliki kadar gula darah tidak normal alias lebih dibandingkan orang biasa. Jika gula darah tidak bisa dikontrol dengan baik, maka para penderita diabetes cenderung berisiko mengalami beberapa gangguan.

Seperti kenaikan trigliserida, penurunan HDL, dan untuk beberapa kasus ada peningkatan jumlah kolesterol jahat. Peningkatan kolesterol jahat inilah yang kemudian dapat meningkatkan risiko penyempitan di pembuluh darah atau arteri. Jika arteri tersumbat, maka aliran darah juga akan tertahan. Akibatnya, pembuluh darah bisa pecah kapan saja dan menyebabkan stroke hingga gagal jantung.

3. Disfungsi ereksi
Ciri-ciri kolesterol tinggi yang ketiga adalah disfungsi ereksi pada pria. Pembuluh darah di Mr.P lebih kecil dibandingkan dengan pembuluh darah di bagian tubuh lainnya.

Jadi jika Anda mengalami kolesterol tinggi, maka pembuluh darah pada Mr.P berisiko lebih cepat tersumbat, dibandingkan dengan pembuluh darah di bagian tubuh lainnya. ** Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Agar Timbangan Tidak Melonjak Usai Lebaran

Jaga pola makan dan rutin olahraga agar terhindar dari kolesterol tinggi.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru