oleh

Kenali Penyebab Susah Miliki Tubuh Langsing

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang harus mati-matian menjalankan program diet demi memiliki tubuh langsing. Sayang, harapan itu sepertinya sangat jauh, lantaran tubuh susah langsing.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan Anda memiliki tubuh yang susah langsing? Dikutip dari Femina, berikut uraiannya:
 
1. Obsessive dieting
Tipe ini sangat terobsesi pada diet. Mereka cenderung pemilih soal makanan, hobi menahan lapar, mengganti menu sarapan atau makan malam, mengatur jam makan, dan sering menghitung setiap kalori yang dimakan.

Dengan pola ini biasanya bobot tubuh bisa turun drastis namun juga cepat naik kembali. Penyebabnya adalah perasaan tertekan dan bersalah setiap kali menyantap makanan.
 
2. Emotional eating
Bagi tipe ini makan identik dengan kesenangan. Misalnya, saat Anda mendapatkan promosi jabatan, satu keluarga diajak makan-makan untuk merayakannya. Bahkan kadang, ketika Anda bad mood pun, pelariannya lagi-lagi ke makanan.

Emotional eating juga berkaitan dengan keinginan impulsif. Contoh, meski baru selesai makan siang, saat teman membawa pizza, Anda tergerak buat melahapnya.
 
3. Faulty programming
Tipe ini punya “program mental” yang salah. Contoh, sebagian masyarakat menganggap tubuh gemuk sebagai lambang kesejahteraan. Semakin gemuk seseorang berarti semakin makmur hidupnya.

Dengan pola pikir seperti ini, Anda cenderung menganggap gemuk bukan masalah. Padahal, kegemukan justru sama dengan menimbun banyak penyakit di tubuh. ** Baca juga: Jalani Enam Cara Hidup Sehat Murah Meriah

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru