oleh

Kenali Jenis Antioksidan dan Fungsinya pada Tubuh

Kabar6-Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, karena tubuh tidak dapat memproduksi cukup banyak antioksidan untuk menetralisir berbagai zat racun dan radikal bebas di dalam tubuh, maka Anda pun membutuhkan tambahan antioksidan dari makanan.

Antioksidan bekerja dengan cara menghentikan kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit. Melansir Webmd, terdapat beberapa jenis antioksidan yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

1. Vitamin C
Vitamin C berfungsi untuk menghentikan berbagai reaksi radikal bebas sebelum dimulai. Vitamin C akan ‘menangkap’ radikal bebas dan menetralisirnya.

2. Vitamin E
Vitamin E berfungsi untuk menghentikan berbagai proses kimiawi yang terjadi di dalam sel saat sel tersebut bertempelan dengan radikal bebas. ** Baca juga: Memaafkan Orang yang Berbuat Salah Punya Efek Positif Bagi Kesehatan Mental

3. Flavonoid
Flavonoid merupakan antioksidan yang memiliki paling banyak jenis. Para peneliti telah menemukan sekira 5.000 jenis flavonoid yang terdapat di dalam berbagai jenis makanan.

4. Polifenol
Polifenol merupakan antioksidan dengan jenis yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan flavonoid. Oleh para peneliti, polifenol lebih dikenal dengan nama fenol.

Hal yang perlu diingat, tubuh membutuhkan lebih dari satu jenis antioksidan untuk melindungi dirinya dari efek radikal bebas. Tubuh membutuhkan kombinasi vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, dan beta karoten untuk menetralisir efek radikal bebas di dalam tubuh.

Jadi, harus ada variasi makanan yang Anda konsumsi, karena setiap jenis makanan mengandung antioksidan berbeda, yang dibutuhkan pada bagian tubuh dan sel berbeda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru