oleh

Kenali Ciri Orang yang Alami Gangguan Makan

Kabar6-Gangguan makan yang dialami seseorang dapat mempengaruhi berat badannya. Umumnya, gangguan makan yang paling sering terjadi adalah anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.

Orang yang mengalami anoreksia nervosa, melansir stylecraze, sangat khawatir memiliki berat badan berlebih, dan memiliki pandangan menyimpang mengenai ukuran tubuh mereka. Hal itu membuat mereka sulit untuk mempertahankan berat badan normal. Mereka yang menderita anoreksia membuat dirinya kelaparan, makan dalam jumlah kecil, dan melakukan olahraga secara berlebihan. Makan lebih sedikit dan diet menjadi obsesi mereka.

Kondisi ini merupakan gangguan psikologis yang memiliki efek buruk pada kesehatan umum seseorang. Beberapa orang yang mengalami anoreksia melakukan pesta makan dan kemudian mencoba untuk memuntahkan makanan atau menggunakan obat pencahar untuk mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh mereka.

Bulimia mirip dengan anoreksia. Namun seseorang yang mengalami bulimia nervosa biasanya akan makan dalam jumlah berlebihan, kemudian merasa bersalah dan berusaha memuntahkan keluar makanan tersebut dan melakukan olahraga yang berlebihan untuk mencegah kenaikan berat badan.

Gangguan makan ini memiliki dampak berbahaya baik secara fisik dan psikologis, karena bulimia menyebabkan gangguan perilaku kompulsif. Beberapa orang yang mengalami bulimia biasanya makan junk food secara berlebihan. ** Baca juga: Selain Istirahatkan Tubuh, Tidur Juga Bisa Bakar Lemak

Mereka sering mengonsumsi makanan mentah, bahkan sampai mengambil makanan dari tempat sampah karena mereka tidak bisa berhenti makan. Setelah makan berlebihan, mereka memaksa diri untuk muntah atau melakukan olahraga berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru