Kenali Ciri-ciri yang Tunjukkan Anda Kurang Tidur

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Padatnya aktivitas harian seringkali membuat waktu tidur Anda menjadi makin sempit, sehingga keesokan paginya bangun dalam kondisi tubuh tidak segar.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa waktu tidurnya sangat kurang. Bagaimana mengetahui bahwa Anda kurang tidur? dikutip dari berbagai sumber, berikut uraiannya:

1. Alami mood swing
Jika Anda merasa lebih sensitif, mudah tersinggung, kesal, atau sedih lebih daripada biasanya, bisa jadi penyebabnya adalah waktu tidur Anda yang kurang.

Mood yang ‘berantakan’ terjadi karena otak Anda yang bertugas mengatur mood tidak mendapatkan waktu istirahat cukup, sehingga tidak bekerja secara optimal.

2. Merasa stres terus menerus
Saat level hormon kortisol dalam tubuh tinggi, Anda akan lebih mudah merasa stres. Jika hal ini terjadi terus menerus, dampaknya tentu saja sangat banyak, mulai dari anxiety, gangguan tidur, hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

3. Sulit fokus & mengingat
Level hormon kortisol yang tinggi akan berpengaruh pada turunnya level dopamine, yaitu hormon yang mengatur motivasi dan fungsi kognitif tubuh untuk mengerjakan sesuatu.

Kombinasi rendahnya level dopamine dan tubuh yang lelah karena kurang istirahat tentu akan berdampak pula pada performa kerja Anda, sehingga Anda mengalami kesulitan untuk fokus dan mengingat.

4. Cepat merasa lapar
Kedua hormon yang bekerja mengatur rasa lapar, leptin dan ghrelin, akan terpengaruh saat Anda tidak memiliki tidur yang cukup.

Leptin bertugas memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang, sedangkan ghrelin memberi sinyal bahwa Anda lapar. Saat keduanya hormon ini tidak berada dalam kondisi optimal, leptin akan menjadi lebih sensitif, sehingga Anda kerap merasa tidak pernah kenyang.

Sementara ghrelin akan meningkat saat tubuh kekurangan tidur, sehingga Anda akan merasa lapar terus menerus.

5. Berat badan bertambah
Karena kerja kedua hormon pengatur rasa lapar yang ‘kacau’, Anda pun akan merasa cepat lapar dan tidak pernah kenyang. Alhasil, berat badan akan semakin melonjak. ** Baca juga: Ini Risiko Penyakit Bagi Para Pekerja Shift Malam

Sudah cukupkah waktu tidur Anda.(ilj/bbs)