oleh

Kenali Apa itu Metabolisme Tubuh

Kabar6-Metabolisme berhubungan dengan segala sesuatu yang dilakukan oleh tubuh, bagaimana organ tubuh melaksanakan fungsinya dengan tepat, proses perbaikan sel, pencernaan makanan dan pernapasan.

Merupakan istilah teknis yang digunakan saat menjelaskan semua reaksi biokimia dan hormonal dalam tubuh yang menjaga organ-organ tubuh dan sel-sel dapat bekerja secara optimal.

Lantas, apa saja hal-hal yang menentukan metabolisme? Melansir newhealthguide, salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi metabolisme seseorang adalah usia. Metabolisme seseorang menurun seiring dengan pertambahan usia. Metabolisme akan menurun sekira lima persen setiap 10 tahun, setelah usia 40 tahun. Hal ini disebabkan karena kita cenderung mengalami kehilangan massa otot.

Metabolisme juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Pria memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan wanita, sehingga membakar kalori lebih cepat. Wanita saat sudah melahirkan biasanya akan mengalami penurunan metabolisme.

Hal lain, keturunan juga mempengaruhi tingkat metabolisme seseorang. Apabila Anda memiliki keluarga yang kurus kemungkinan mempunyai tingkat metabolisme yang sama dengan keluarga. ** Baca juga: Benarkah Gula dari Buah Lebih Sehat?

Kemudian berat badan. Ternyata, seseorang yang bertubuh lebih besar memiliki lebih banyak massa otot, dan akan membakar lebih banyak kalori dibanding orang kurus. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru