oleh

Kemenpera Tak Respon Pengajuan Pemkot Tangsel

Kabar6-Pengajuan yang telah diusulkan Pemkot Tangsel kepada Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk program bedah rumah bertepuk sebelah tangan.

Hingga kini klausul tersebut tak terealisasi dengan alasan wilayah pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini belum masuk nominasi.

“Ada 371 rumah di Tangsel yang diajukan ke Kemnpera tapi belum ada respon sampai sekarang,” ungkap Kepala Bidang Pemukiman pada Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman Kota Tangsel, Carsono, kepada kabar6.com usai acara Peresmian Lingkungan Sehat Permukiman dan Bedah Rumah di Kelurahan Ciater, Serpong, Sabtu (15/12/2012).

Carsono menjelaskan, surat pengajuan untuk bantuan program bedah rumah di Kota Tangsel telah dilayangkan ke Kemenpera. Namun, keinginan tersebut tidak langsung direalisasikan karena salah satu program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) serentak digulirkan di kabupaten/kota se-Indonesia.

Apalagi pemerintah pusat menganggap bahwa Pemkot Tangsel belum memenuhi persyaratan awal terkait program kerjasama yang tertuang dalam nota kesepakatan.

“Katanya Tangsel masih harus nunggu dulu, setelah Pandeglang dan Lebak. Terus dibilang juga alasannya karena belum ada MoU (surat perjanjian kerjasama) makanya ga bisa,” jelas Carsono.

Terkait dengan program serupa yang digulirkan Pemerintah Provinsi Banten, lanjut Carsono. Ada 10 unit rumah di wilayah Kota Tangsel mendapatkan ikut program bedah rumah. Seluruhnya berada di dua kelurahan, yakni Lengkong Gudang Timur dan Ciater, kecamatan Serpong.

Selain bedah rumah bagi warga dari kalangan ekonomi lemah dan tak memiliki pekerjaan tetap. Juga digulirkan program perbaikan infrastruktur jalan menggunakan conblok, pembuatan saluran air (drainase) dan pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di pemukiman warga.

“Untuk program bedah rumah iniĀ  anggarannya Rp 40 juta per unit. Tahun 2013 mendatang rencananya kita akan membedah rumah sebanyak 54 unit,” jelas Carsono ditemui di RT 09/010, kelurahan Ciater.(yud)

Berita Terbaru