Home / Tangerang Raya / Serba Tangerang / Kemenkes Jadwalkan Imunisasi Difteri di Wilayah Banten
Ilustrasi. (Ist)

Kemenkes Jadwalkan Imunisasi Difteri di Wilayah Banten

Kabar6-Kementerian Kesehatan RI rencananya bakal menjadwalkan imunisasi vaksis Tetanus Difteri (TD) di Provinsi Banten. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) pengakit Difteri di 95 kabupaten/kota di Indonesia sepanjang 2017.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Muhammad Subuh mengatakan imunisasi ini dilakukan untuk merespon KLB Difteri. Outbreak Response Immunization (ORI) ini dilakukan mulai 11 Desember 2017 serentak di 12 kabupaten-kota di tiga provinsi.

“Kita akan lakukan dalam waktu dekat, yaitu Senin 11 Desember 2017 serentak di 12 kabupaten-kota, cakupannya seluruh kabupaten-kota dari tiga provinsi,” kata Subuh dalam keterangannya di Kementerian Kesehatan, Rabu (6/12/2017).

Kabupaten/kota tersebut antara lain Jakarta Barat, Jakarta Utara, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Serang, Kota Tangerang, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Imunisasi untuk merespon KLB Difteri menggunakan vaksin TD yang diberikan kepada anak usia satu tahun dan dengan perluasan hingga usia di bawah 19 tahun.

“Artinya sampai usia SMA kita lakukan ORI,” katanya.

Pelaksanaan imunisasi mengatasi KLB di tiga provinsi tersebut seluruh vaksin disiapkan oleh pemerintah pusat, dan dana operasional dibiayai oleh pemerintah daerah.**Baca Juga: Hina Presiden Via FB, Warga Pamulang Ditangkap Polisi.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan disebutkan sebanyak 593 kasus difteri ditemukan di 95 kabupaten-kota dalam 20 provinsi sejak Januari hingga November 2017. Dari keseluruhan jumlah tersebut sebanyak 32 kasus berujung kematian, dengan persentase kematian hingga 54 persen dari kasus yang ada.(BL/tmn)

Check Also

Kerap Dianggap Salah, P2MI Beberkan Fakta Ilmiah Soal Penggunaan MSG

Kabar6-Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI) keberatan dengan tulisan berjudul Konsumsi Makanan ...