Kemenhub Targetkan Tiket Bus Online 2019

kabar6.com
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.(ver)

Kabar6-Kementerian Perhubungan menargetkan pada tahun 2019 nanti pembelian tiket untuk transportasi angkutan umum yakni, bus dapat dibeli melalui layanan online.

Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat serta, mengikuti trend ataupun pola kehidupan para masyarakat di zaman serba digital.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, nantinya secara bertahap akan adanya peremajaan bus yang dilakukan pemerintah daerah dan pusat ataupun swasta. Kemudian, berlanjut dengan penerapan keseluruhan tiket online.

“Masyarakat harus kita bawa untuk perubahan penggunaan kendaraan dari kendaraan pribadi ke umum. Disisi ini, akan kita perbaiki armadanya dengan fasilitas memadai. Sementara, terkait dengan kemudahan mendapatkan tiket nantinya akan diterapkan keseluruhan menjadi online. Jadi, tidak perlu lagi ke terminal beli tiket atau nanti yang didalam kota, akan kita minta pihak daerah untuk memberlakukan sistem tap mesin,” katanya di Tangerang, Rabu, (8/8/2018).

Pemberlakuan tiket online pun ditujukan terkait dengan pemberantasan calo dimana kerap kali muncul di momen tertentu.

“Akan kita maksimalkan, kita sudah ada regulasinya tinggal diperhalus saja dan mulai sekarang sudah diujikan. Untuk pembelian yang bus online ini nantinya bisa ke situs pembelian tiket online, web perhubungan darat atau PO yang sudah menyediakan,” ujarnya.**Baca juga: Bocah SD Tewas Terlindas Truk Tanah di Tigaraksa.

Tak hanya itu, penambahan armada pun nantinya akan dilakukan secara perlahan dengan membuat masyarakat memilih bus sebagai moda transportasi utama yang menghubungkan dengan transportasi lainnya seperti, kereta api, pesawat dan kapal.(ver)