oleh

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis di Terminal Poris

Kabar6-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak hari ini, Rabu (17/7/2013), membuka pendaftaran mudik gratis bagi pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor untuk tujuan Pulau Jawa dan Sumatera. Pendaftaran dibuka hingga akhir Juli 2013.

“Program ini diperuntukkan bagi pemudik yang biasa pulang kampung dengan menggunakan kendaraan roda dua untuk mengurangi angka kecelakaan,” kata Yoko Triyono, petugas loket Posko Mudik Gratis Kementerian Perhubungan di Tangerang, Rabu (17/7/2013).

Yoko menyebutkan, melalui program mudik gratis, Kemenhub menargetkan sebanyak 30 ribu pemudik dapat terangkut. “Namun, hingga hari pertama pendaftaran dibuka, jumlah pendaftar masih minim dan sepi,” ujarnya.

Mudik gratis diadakan Kemenhub untuk tujuan 13 kota kabupaten di Pulau Sumatera dan Jawa. Syarat untuk mengikuti program mudik gratis, masyarakat cukup menyediakan fotocopy KTP, SIM, dan STNK sepeda motor miliknya.

Peminat dapat melakukan pendaftaran pada jam kerja di Posko Mudik Gratis, Terminal Poris Pelawad, Kota Tangerang.

Yoko menjelaskan, ‘kloter’ mudik gratis pertama akan diberangkatkan pada Sabtu, 3 Agustus 2013 melalui terminal pool PPD di Klender, Jakarta Timur. Kuota setiap kota sebanyak 360 sepeda motor.

Sekalipun sosialisasi mudik gratis tampak masih minim, keberadaan Posko Mudik Gratis langsung menarik perhatian warga yang mengetahuinya. Salah satunya Mila, warga asal Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

“Tentu saya terbantu dengan adanya program mudik gratis, apalagi saat ini seluruh biaya perjalanan dipastikan naik,” kata Mila yang langsung mendaftar untuk mengikuti program mudik gratis.(rani)

Berita Terbaru