oleh

Kemenag Tangsel: Tahun Ini Jumlah Calhaj Menurun

Kasi BMI Kemenag Tangsel, Abdul Rojak.(bbs)

Kabar6-Kepala Seksi Bina Masyarakat Islam (BMI), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rojak menyebutkan, bila tahun ini jumlah calon haji atau calhaj menurun signifikan.

Ya, mereka para calhaj dijadwalkan bakal mulai bertolak ke tanah suci Mekkah mulai Rabu (10/8/2016) besok.

“Tahun lalu mencapai 973 orang jamaah, sedangkan sekarang hanya 759 orang saja,” katanya di Kantor Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Daarul Hikmah, Kecamatan Pamulang, Minggu (7/8/2016).

Menurut Rojak, dari 759 orang jamaah itu berasal dari tiga KBIH di Kota Tangsel. Sedangkan total angka penurunan diatas ada faktor penyebabnya.

Ia bilang, banyak calhaj yang mutasi ke kelompok terbang (kloter) daerah lain serta batak berangkat ke Tanah Suci lantaran sakit dan lain sebagainya. **Baca juga: Kemenag Kabupaten Tangerang Imbau Calhaj Tidak Narkoba dan Hamil.

Rozak jelaskan, selama menunaikan ibadah rukun Islam kelima, para calhaj akan didampingi Tim Kesehatan Haji Daerah. Petugas itu berprofesi sebagai tenaga dokter dan perawat. **Baca juga: 1.629 Calhaj Kabupaten Tangerang “Diterbangkan” Agustus.

“Jadi, untuk jamaah calon haji dari Tangsel ini terbagi dalam tiga kloter,” jelasnya. **Baca juga: Rabu, Kloter Satu Tangsel Terbang ke Tanah Suci.

Rojak sebutkan, calhaj asal Kota Tangsel yang tergabung dalam kloter 5 akan berangkat ke Tanah Suci pada 10 Agustus, sementara kloter 38 pada‎ 31 Agustus, dan kloter 42 pada 2 September.(yud)

Berita Terbaru