Kembali Dibuka, Pelabuhan Merak Operasikan Lima Dermaga

Kondisi di Pelabuhan Merak. (dhi)

Kabar6-Pelabuhan Merak kembali mengoperasikan lima dermaganya dengan 23 kapal Roll On-Roll Off (Ro-ro) setelah ditutup pada Kamis, 30 November 2017, pukul 17.45 WIB.

“Tadi malam kondisi cuaca sudah mulai dapat di operasikan beberapa kapal. Kita pertama mengoperasikan KMP Virgo, dengan enam kapal,” kata Fahmi Alweni, General Manager (GM) PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, saat di temui di kantornya, Jumat (1/12/2017).

Meski dengan kecepatan angin mencapai 25 knot dan ketinggian gelombang masih 1,5 meter. Pihak PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak mengaku kondisi tersebut masih aman untuk dilalui.

“Tidak dipaksakan, karena KSOP yang memberikan kewenangan berlayar. Berdasarkan koordinasi dengan semua pihak,” ujarnya.

Pembukaan dermaga Pelabuhan Merak dilakukan secara bertahap, pada pukul 06.00 wib dermaga II kembali dibuka dengan pengoperasian enam kapal.

Lalu pada pukul 07.15 WIB, kembali dibuka dermaga I. Ditambah pada pukul 09.30 WIB kembali dibuka dermaga IV dengan pengoperasian 1V Kapal dan dermaga V dengan II kapal.

“Kondisi cuaca lebih bersahabat. Namun kondisi di dermaga padat mengalir. Kendaraan yang tertunda (keberangkatan) bisa selesai malam ini,” terangnya.**Baca Juga: Layanan Merak-Bakauheni Kembali Dibuka, ASDP Optimalkan Kapal Kapasitas Besar.

Namun berdasarkan pantauan di Pelabuhan Merak, masih terlihat ombak yang tinggi dan kencang nya angin yang berhembus.(dhi)