oleh

Kemarau, Stok Air Baku PDAM TB Merosot 30 Persen

Kabar6-Musim kemarau yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir membuat air baku Sungai Cisadane menurun kapasitasnya. Sekurangnya 20 hingga 30 persen air baku yang masuk ke intake PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang berkurang.

“Kemarau tiap tahunnya memang kerap terjadi dibulan Agustus, biasanya terjadi sekitar 7 hingga 10 hari, seperti saat ini, kemarau mempengaruhi air baku yang masuk ke intake PDAM, penurunannya bisa 20 hingga 30 persen,” kata Dirut PDAM TB Kota Tangerang, Ahmad Marju Kodri pada kabar6, Kamis (30/8/2012).

Turunnya kapasitas air yang masuk ke intake, segera direspon PDAM TB, Kodri mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal ini pihaknya melakukan pengerukan lumpur dibibir sungai hingga masuk ketanah keras.

Pengerukan lumpur dibibir sungai Cisadane sudah dilakukan dua hari terakhir. Sekurangnya puluhan orang diterjunkan untuk ikut melakukan pengerukan.

Saat ditanya apakah ada pengaruh kualitas dan kuantitas air yang dihasilkan bagi pelanggan, Kodri menegaskan bahwa hingga saat ini pelayanan kepada masyarakat berjalan normal.

“Memang terjadi penurunan kapasitas air masuk ke intake sekitar 20 hingga 30 persen. Tapi kami pastikan pelayanan pada masyarakat berjalan normal, semoga saja kondisi ini segera normal dengan turunnya hujan,” tegasnya lagi.

Kedepan, PDAM TB berencana akan melakukan sholat istighosah. Tujuannya adalah untuk memohon diturunkan hujan.(rani)

Berita Terbaru