oleh

Kelompok Kriminal di Meksiko Mulai Produksi Vaksin COVID-19 Palsu

Kabar6-Kementerian Keamanan dan Perlindungan Sipil Meksiko mengungkapkan, pihaknya telah menangkap sebuah kelompok beranggotakan enam orang yang membuat vaksin palsu. Mereka ditangkap di negara bagian Nuevo Leon, di timur laut Meksiko.

“Vaksin palsu telah disita di Nuevo Leon. Penggunaan jenis vaksin ini mengancam kesehatan masyarakat,” demikian pernyataan Kementerian Keamanan dan Perlindungan Sipil Meksiko. ** Baca juga: Sebuah Desa Kecil di Jerman Laku Seharga Sekira Rp2,2 Miliar

Pihak Kementerian, melansir abcnews, juga meminta warga Meksiko untuk waspada dan hanya menerima vaksin di rumah sakit dan di tempat-tempat yang telah ditunjuk oleh pemerintah saja. Terkait dengan vaksin, Meksiko mengatakan bahwa proses pendistribusian vaksin lebih menguntungkan negara-negara kaya.

Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard, mengatakan bahwa delegasi Meksiko untuk PBB akan mengajukan pengaduan di Dewan Keamanan (DK) PBB tentang ketidaksetaraan dan ketidakadilan dalam proses distribusi vaksin.

“Negara-negara yang memproduksi (vaksin) memiliki tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dan Amerika Latin, dan Karibia memiliki tingkat vaksinasi yang jauh lebih sedikit. Kami akan naikkan ke DK PBB karena tidak adil,” ujar Ebrard.(ilj/bbs)

Berita Terbaru