Kekebalan Tubuh Menurun, Begini Tandanya

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sistem kekebalan atau sistem imun adalah sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Lantas, bagaimana cara mengenali gejala dan tanda kekebalan tubuh mulai menurun? Dikutip dari Vemale, berikut adalah empat tanda kekebalan tubuh sedang menurun:

1. Hidung terasa kering
Hidung kering juga bisa jadi tanda daya tahan tubuh menurun. Diketahui, lendir yang dihasilkan hidung saat pilek dapat menahan virus berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh. Nah jika hidung terasa kering, ada baiknya untuk mengambil waktu agar Anda dapat benar-benar istirahat total.

2. Berat badan berubah drastis
Jika berat badan turun atau naik secara ekstrem, Anda sebaiknya lebih berhati-hati. Bisa jadi penyebabnya adalah daya tahan menurun atau ada virus yang menyerang. Kenaikan berat badan yang tiba-tiba dan tak biasa dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

3. Tubuh menggigil atau merasa kedinginan
Suhu tubuh terasa lebih dingin atau tak normal, bisa jadi sinyal daya tahan tubuh sedang menurun. Suhu tubuh menurun atau meriang ini juga bisa jadi gejala akan sakit flu.

4. Stres atau emosi tidak stabil
Stres merupakan salah satu pertanda bahwa daya tahan tubuh sedang turun. Saat stres, pertahanan tubuh terhadap penyakit pun ikut turun. Jangan paksakan diri Anda melakukan aktivitas atau rutinitas yang padat jika kondisi tubuh sedang tidak stabil. ** Baca juga: Olahraga Terlampau Berat Tidak Baik untuk Pencernaan

Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi serta istirahat cukup akan membantu mempertahankan kekebalan tubuh.(ilj/bbs)