oleh

Kehujanan Tidak Bikin Anda Sakit?

Kabar6-Sewaktu masih kanak-kanak, seringkali Anda diperingatkan oleh orangtua agar tidak bermain air hujan atau hujan-hujanan agar terhindar dari sakit. Benarkah hujan-hujanan akan membuat Anda sakit atau demam?

Beberapa penelitian, melansir Femina, menemukan bahwa olahraga lari saat hujan akan membuat Anda mampu berlari lebih lama dan lebih cepat, meningkatkan metabolisme tubuh, dan bahkan terasa lebih fun dan menantang. Meskipun demikian, bukan berarti Anda akan aman 100 persen dari penyakit, lho.

Saat tubuh bagian bawah basah, suhu akan menurun, membuat risiko Anda terinfeksi kuman penyakit jadi lebih besar. Selain itu, baju, sepatu, dan kaus kaki yang basah membuat risiko lecet lebih besar.

Daerah yang tinggi polusi udaranya, kemungkinan besar membawa partikel yang bisa mencetuskan alergi dan serangan asma. Berlari pada suhu sangat dingin dapat meningkatkan risiko hipotermia, suatu kondisi di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.

Berlari di tengah hujan juga meningkatkan risiko terpeleset dan cedera. Air hujan juga bisa menghalangi pandangan pengendara mobil, motor, atau pesepeda, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan jika Anda berlari di badan jalan atau saat menyeberang jalan.

Namun, berdiam diri di rumah saja selama musim hujan juga belum tentu aman. Jika kuman banyak di dalam ruangan dan imunitas Anda menurun, tentu juga berisiko sakit.

Nah, bila Anda ingin olahraga berlari di luar ruangan, misalnya saat perlombaan lari, Anda bisa menjaga diri dengan mengenakan perlengkapan yang tepat, seperti mengenakan jaket anti air, melakukan pemanasan sehingga tubuh sudah hangat saat terkena hujan.

Selain itu juga, memilih posisi dan lokasi lari yang aman, serta menyiapkan baju kering sehingga bisa segera mengganti baju setelah berlari. ** Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Dapatkan Sinar Matahari

Bila Anda berencana untuk menjaga rutinitas berlari saat berada di negara empat musim, sangat bijak jika memperhatikan prakiraan cuaca termasuk kecepatan angin dan curah hujan.

Sangat tidak disarankan berlari di suhu sangat dingin, apalagi di bawah nol derajat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru