oleh

Kegemukan pun Bisa Dipicu Oleh Beberapa Hal Sederhana

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang mungkin pernah mengalami kenaikan berat badan namun tidak mengetahui penyebabnya. Seorang ahli diet Julie Upton, MS, RD dari Appetite For Health mengungkapkan ada lima kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu kegemukan.

Apa saja hal sederhana yang ternyata dapat memicu kegemukan? Dikutip Dreamers, berikut uraiannya:

1. Terlalu banyak waktu bersenang-senang
Sisi buruk dari banyaknya waktu untuk bersenang-senang adalah naiknya berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol meningkatkan hormon ghrelin yang memicu nafsu makan.

2. Kurang tidur
Kurang waktu tidur bukan hanya membuat seseorang lelah tapi juga lapar. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan hormon nafsu makan. Tidur selama 30 menit lebih awal pada malam hari akan sedikit membuat perubahan dan membuat berkurangnya rasa ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

3. Terlalu banyak menonton TV
Sebuah penelitian melaporkan bahwa setiap dua jam waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 23 persen. Para peneliti percaya bahwa menonton televisi sejalan dengan naiknya hasrat untuk ngemil makanan tinggi kalori. Para ahli menganjurkan untuk membatasi waktu menonton TV kurang dari dua jam per hari untuk menjaga berat badan.

4. Waktu makan terganggu aktifitas lain
Penelitian American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan sambil bekerja di depan komputer, bermain video game atau aktifitas lain cenderung memiliki gaya makan cepat dan mengkonsumsi banyak kalori, kurang kenyang, serta akan makan dua kali lipat pada waktu makan berikutnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang hanya fokus makan alias tidak terganggu aktifitas lain. Jadi saat makan sebaiknya hanya duduk dan nikmati apa yang sedang dimakan.

5. Makan di luar rumah lebih dari seminggu sekali
Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan Public Health Nutrition, setiapkali seseorang makan di luar rumah, mereka rata-rata mengkonsumsi sekira 200 lebih kalori dibanding saat makan di rumah. Para peneliti mengatakan, tambahan kalori datang dari porsi yang besar dan tinggi lemak. ** Baca juga: Jangan Rusak Kesehatan Tubuh Lewat 7 Kebiasaan Buruk Ini

Mulai sekarang ubah kebiasaan tak sehat ini agar berat badan tetap stabil dan tentu saja demi kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru