oleh

Kedatangan KPK Bikin Warga Kebayoran Residence Bintaro Kaget

Kabar6-Kedatangan rombongan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke rumah Tunggul Baskoro, di Kebayoran Residence Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kiranya cukup mengagetkan warga sekitar.

Apalagi, dari rumah tersebut penyidik lembaga antirasuah juga menyita sekoper dan dua dus ukuran besar yang diduga berisi dokumen penting terkait tindak pidana korupsi dalam pengadaan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik).

Zulkarnain (46), tetangga sebelah rumah Tunggul Baskoro mengaku, ada 12 orang penyidik yang datang menggeruduk rumah di Kebayoran Height, Blok KR 7/18, RT 02 RW 07 itu.

Penyidik datang menumpang dua unit mobil Toyota Innova warna hitam. Sebanyak 6 orang masuk ke dalam rumah lewat pintu utama, dan sisanya melalui pintu garasi.

“Mereka menggunakan rompi bertuliskan KPK di punggungnya. Langsung masuk ke dalam rumah pak Tunggul,” terangnya kepada wartawan sembari membersihkan mobilnya, Kamis (19/4/2014).

Pria berkacamata tebal ini mengakui, bila kedatangan tim penyidik KPK sempat mengundang perhatian warga penghuni perumahan tersebut. Bahkan, Wargapun sempat terheran-heran atas penggeledahan rumah tersebut.

“Tadi saya sempat ditanyai para tetangga. Tapi saya tidak bisa menjawabnya. Jadi saya bilang lihat saja nanti di berita,” terangnya seraya menerangkan bahwa Tunggul telah tinggal selama 10 tahun di cluster itu.

Ditanya terkait pekerjaan Tunggul, Zulkarnain mengaku tidak mengetahui secara pasti. Karena sejauh ini dirinya cuma paham bahwa Tunggul adalah pengusaha. “Hanya itu yang saya tahu,” ujarnya.

Terpisah, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi Sapto Prabowo, mengatakan lembaganya menggeledah dua petinggi PT Hewlett Packard Indonesia. Penggeledahan itu terkait dengan kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

“Jadi dua rumah yang digeledah hari ini adalah milik dua orang dari PT HP Indonesia. Sedangkan Tunggul merupakan pekerja dari PT Oracle Indonesia,” kata Johan. **Baca juga: Terkait e-KTP, Tiga Cluster di Tangsel Digeruduk KPK.

KPK hari ini, Kamis (24/4/2014), juga menggeledah rumah Sofran Irchamni di Taman Tirta F20, RT 19 RW 06, Lengkong Raya, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel. **Baca juga: Dari Rumah di Bintaro, KPK Bawa Sekoper Dokumen.

Sofran adalah Country Manager PT HP Indonesia. Komisi antirasuah itu juga menggeledah rumah Berman Hutasoit di Foresta Giardina F11/10 RW 06 BSD, Tangsel. Berman merupakan karyawan PT HP Indonesia.(yud)

Berita Terbaru