oleh

Kecamatan Setu Juara Lomba Masak Sayur Besan

Kabar6-Kelompok tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tujuh wilayah kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersaing meracik dan meramu sayur besan.

Tim juri yang berjumlah tiga orang asal industri perhotelan merupakan putera asli daerah setempat.

Budi Setiawan, tim juri lomba sayur besan mengatakan, kategori penilaian lomba ini diantaranya mencakup tentang kebersihan, kekompakan, cita rasa dan sistem penyajian.

Selain itu, juri juga akan langsung menyicipi hidangan sayur besan yang disajikan oleh para peserta.

“Jangan kelihatan kukunya hitam saat memasak. Itu akan mengurangi penilaian, karena faktor kebersihan koki sangat penting. Ini bagian dari sapta pesona pariwisata, khususnya bidang kuliner,” terangnya di Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kamis (30/7/2015).

Informasi yang dihimpun, hasil rekapitulasi lomba memasak sayur besan sebagai juara I diraih oleh Kecamatan Setu dengan total nilai 1.225.

Dilanjutkan juara II adalah Kecamatan Pamulang dengan total peroleh nilai sebanyak 1.215. Juara III disabet oleh tim PKK Kecamatan Ciputat Timur dengan torehan total nilai 1.203.

Kabar6.com pun berkesempatan menyicipi sayur besan milik pemenang asal Kecamatan Setu. Rasa terubuk begitu gurih, ditambah lagi ebi hingga menambah hidangan ini semakin lezat. Hal paling penting, bumbu yang disajikan begitu kental alias medok.

Seperti telah dan perlu diketahui, sayur besan merupakan masakan khas bagi masyarakat betawi. Menu ini terasa istimewa karena wajib disajikan ketika dalam perayaan pernikahan atau besanan. **Baca juga: Di Harganas XXII, Bang Ben Terpesona Sayur Besan.

Sayur besan merupakan masakan berkuah santan, dengan isi terubuk (telur tebu), kentang, soun, petai, dan ebi.

Selain namanya yang unik, masakan ini juga sedikit berbeda dari sayur biasanya. Dimana pada kebiasaannya bahan sayur adalah sayur mayur serta bumbu-bumbu yang umum semua orang sudah mengetahuinya.

Tetapi pada sayur besan ini menambahkan terubuk atau bunga tebu dalam komposisinya.(yud)

Berita Terbaru