oleh

Kebiasaan yang Dilakukan Saat Gugup Berdampak Negatif pada Kesehatan

Kabar6-Gugup merupakan masalah mental yang sering dialami sebagai reaksi tubuh terhadap stres. Namun, pada orang tertentu keadaan tersebut dapat timbul tanpa ada stres yang nyata atau sebagai reaksi terhadap situasi yang pada orang lain tidak menimbulkan stres.

Orang yang mudah gugup dan gelisah dapat disebabkan oleh sistem saraf yang terlalu aktif. Penyakit gugup bisa timbul sewaktu-waktu ketika seseorang tampil berbicara di depan umum atau khalayak ramai, berpidato, berargumen, presentasi, dan lain sebagainya.

Nah, kebiasaan apa yang sering Anda lakukan saat sedang gugup? Melansir Foxnews, ada sejumlah kebiasaan yang biasa dilakukan oleh orang saat sedang gugup, dan ternyata berdampak negatif pada kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Menggigit kuku
Sering menggigiti kuku, baik saat gugup maupun tidak, dapat merusak kuku dan kulit di sekitar kuku Anda. Berbagai jenis kuman di dalam mulut dapat masuk ke kulit dan sebaliknya. Bakteri di bagian bawah kuku juga dapat masuk ke dalam mulut dan menyebabkan terjadinya infeksi gusi dan tenggorokan.

2. Memuntir dan menarik rambut
Memuntir dan menarik beberapa helai rambut di sekeliling jari tangan Anda dapat menyebabkan kerusakan pada akar rambut, terutama bila telah berlangsung cukup lama. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerontokkan rambut, baik sementara maupun permanen, serta infeksi.

3. Menggeretakkan gigi
Kebiasaan menggeretakkan gigi (bruxism) saat stres dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi dan mulut Anda. Menggeretakkan gigi dapat menyebabkan gigi retak atau bahkan patah, yang membutuhkan tindakan perbaikan gigi.

Selain merusak gigi, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi rahang yaitu sendi temporomandibular. ** Baca juga: Tren Kesehatan 2021 Fokus pada Pemulihan Mental

4. Menjilat atau menggigiti bibir
Menjilati bibir dapat menyebabkan bibir Anda terpapar oleh berbagai enzim pencernaan di dalam mulut. Enzim ini akan menyebabkan kulit bibir Anda ikut tercerna dan menyebabkan terjadinya dermatitis dan cheilitis (peradangan pada bibir), yang membuat bibir tampak kering dan pecah-pecah.

Kebiasaan menggigiti bibir saat stres juga dapat menyebabkan terbentuknya fibroma, yaitu suatu penonjolan keras yang berwarna seperti daging, yang membutuhkan tindakan pembedahan untuk mengatasinya.

5. Menggigiti ujung pen atau pensil
Terdapat berbagai jenis kuman pada bagian atas atau ujung dari pen maupun pensil Anda, termasuk virus penyebab flu dan batuk. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat merusak gigi, jaringan lunak, dan gusi di bagian dalam mulut.

Hentikan lima kebiasaan saat Anda gugup demi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru