Kebiasaan Tidak Sehat Berikut Bisa Rusak Jantung

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh. Kelainan pada jantung dapat berisiko pada kematian. Sayangnya, beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari ternyata dapat merusak kesehatan jantung. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima kebiasaan yang tanpa disadari bisa memicu kerusakan pada jantung:

1. Mendengkur
Mendengkur merupakan salah satu tanda dari sleep apnea. Biasanya orang dengan sleep apnea memiliki risiko yang lebih tinggi dari masalah jantung karena mereka biasanya bernapas secara tak teratur, yang kemudian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Terlalu banyak menonton TV
Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of American College of Cardiology pada 2011 lalu, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan televisi bisa berbahaya untuk jantung Anda. Ini karena saat menonton televisi Anda dipastikan lebih banyak duduk dan mungkin sambil ngemil, yang dapat meningkatkan berat badan.

Bahkan jika Anda berolahraga secara teratur namun menonton TV selama lebih dari empat jam sehari berturut-turut, risiko stroke atau serangan jantung tetap naik berlipat ganda.

3. Tidak menjaga kesehatan mulut
Kesehatan mulut yang buruk tak cuma dapat menimbulkan masalah seperti bau mulut dan radang gusi, tapi juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Hal ini karena bakteri dari gusi melewati pembuluh darah, yang mempersempit saluran dan mengurangi aliran darah. Pada akhirnya, kondisi ini kemudian akan membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Alkohol & merokok
Meskipun konsumsi red wine disebut-sebut memiliki manfaat bagi jantung, jika dikonsumsi berlebihan apapun jenis alkoholnya sebenarnya tetap tak sehat bagi tubuh. Alkohol berlebih dapat meningkatkan asupan kalori dan mengganggu pola tidur, yang pada akhirnya kemudian akan merusak jantung.

Sementara itu merokok satu batang sehari saja sudah membuat risiko masalah jantung muncul naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan masalah lain seperti kanker dan penyakit paru-paru.

5. Olahraga & makan berlebihan
Berolahraga memang baik bagi kesehatan tubuh, namun jika dilakukan secara berlebihan dan bahkan sampai memaksakan kemampuan jantung, maka yang terjadi jantung justru menjadi lemah.

Selain itu, makan berlebihan juga dapat menimbulkan masalah seperti kelebihan berat badan atau obesitas. Padahal obesitas adalah penyebab utama dari masalah jantung. Jadi cobalah untuk makan dengan porsi yang lebih teratur, serta hindari makanan berkalori tinggi untuk jantung tetap sehat. ** Baca juga: Ngemil Malam Dapat Rusak Fungsi Memori Otak?

Jauhi kelima hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung agar kondisi kesehatan Anda tetap prima.(ilj/bbs)