Kebiasaan Sehari-hari yang Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian besar orang tidak menyadari, bahwa kebiasaan yang selama ini mereka anggap biasa dan tidak berbahaya, justru bisa jadi sumber penyakit dan berakibat buruk pada kesehatan. Apa saja kebiasaan yang dimaksud? Dilansir Teen, berikut uraiannya:

1. Kebersihan tempat tidur
Kita menghasilkan sekira 26 galon keringat saat berada di atas tempat tidur per tahun. Keringat tersebut akan menempel di penutup kasur dan membuatnya jadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur yang beberapa di antaranya bisa menimbulkan penyakit.

Jadi, jangan lupa untuk mengganti seprai tempat tidur, paling tidak dua minggu sekali atau seminggu sekali jika cuaca panas.

2. Ganti pakaian dalam
Keringat dan kelempaban di area ribadi akan membuat kuman penyebab penyakit mudah berkembang biak.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggantinya minimal dua kali sehari. Kalau tidak, biasanya akan muncul gejala infeksi kuman seperti gatal atau kemerahan tanda iritasi pada kulit. Tak jarang juga kuman-kuman tersebut menimbulkan penyakit yang lebih serius.

3. Membersihkan ponsel
Benda yang jarang lepas dari genggaman ini ternyata juga bisa sumber masalah kesehatan, karena sering dipegang dalam kondisi tangan yang tak selalu bersih. Banyak kuman penyebab penyakit yang tinggal dan berkembang biak di ponsel kita. ** Baca juga: Ternyata Ada Beberapa Faktor Lain yang Bikin Perut Tetap Buncit

Apalagi kondisinya yang cenderung hangat, membuat kuman makin betah dan lebih cepat berkembang biak. Untuk mengurangi risiko ponsel jadi sarang virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit, sebaiknya rajin membersihkan ponsel dengan mengelap permukaannya menggunakan cairan antiseptik.(ilj/bbs)