Kebiasaan Makan Sehari-hari yang Ternyata Keliru

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin selama ini Anda mengira pola hidup yang dijalankan sudah sehat dan benar. Padahal seringkali tanpa disadari, tidak sedikit orang yang keliru menerapkan kebiasaan makan. Akibatnya, tubuh tidak bisa menyerap nutrisi makanan secara maksimal. Dikutip dari TabloidNyata, berikut adalah empat kebiasaan makan sehari-hari yang ternyata keliru:

1. Konsumsi buah setelah makan
anyak orang mengonsumsi buah setelah mengonsumsi makanan berat. Padahal, cara itu justru membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dalam buah secara maksimal. Sebaiknya mengonsumsi buah-buahan satu jam sebelum makan atau setelah makan.

2. Makan sup dengan nasi
Mengonsumsi sup bersama nasi justru membuat tubuh sibuk mencerna karbo hidrat dari nasi terlebih dulu. Akibatnya, tubuh tidak menyerap nutrisi dalam sup secara maksimal.

Sebaiknya konsumsi sup sebagai makanan pembuka, kemudian konsumsi nasi dan lauk. Hal yang harus diperhatikan juga adalah jenis supnya. Cream soup mengandung tinggi kalori, sehingga perlu diimbangi dengan konsumsi sedikit nasi, dan perbanyak protein.

3. Minum kopi atau teh manis
Banyak orang menambahkan gula pada kopi dan teh, untuk menguatkan rasanya. Padahal gula mengandung tinggi kalori, sehingga memicu kegemukan. Risiko itu makin besar, bila teh atau kopi manis diminum sesaat setelah mengonsumsi makanan berat.

Nilai kalori yang dihasilkan makin meningkat, karena kalori gula ditambah kalori dari makanan berat. Nah untuk mengurangi kalori teh atau kopi, tambahkan gula sedikit saja atau bahkan tidak sama sekali.

4. Minum susu setelah makan
Masih banyak orang yang minum susu setelah mengonsumsi makanan berat. Padahal kebiasaan ini justru membuat perut terlalu kenyang, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Terlalu kenyang juga membuat seseorang tidak ingin makan saat jam makan selanjutnya, sehingga jam makan menjadi tidak teratur. Akibatnya, pengeluaran asam lambung juga tidak teratur, sehingga memicu gangguan lambung.

Sebaiknya, minumlah susu di antara jam makan, atau tiga jam sebelum atau setelah konsumsi makanan berat. Khusus untuk orang yang obesitas, susu bisa menggantikan makanan berat, karena susu memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun pilih susu rendah lemak untuk mengurangi obesitas. ** Baca juga: Malas Sarapan Bisa Ubah Jam Biologis Seseorang

Yuk, ubah kebiasaan makan tadi agar manfaat makanan atau minuman menjadi lebih maksimal.(ilj/bbs)