oleh

Kebiasaan Makan Malam yang Rugikan Timbangan Berat Badan

Kabar6-Menjalankan pola hidup sehat tampaknya saat ini sudah mulai diterapkan sebagian besar masyarakat, mungkin juga Anda. Entah itu untuk alasan kesehatan atau mencapai berat badan ideal.

Karena itulah, Anda disarankan untuk mengevaluasi beberapa kebiasaan makan malam yang dijalani selama ini.

Tidak sekadar setop makan di atas pukul 18.00 WIB, ternyata ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari secara perlahan ‘menyabotase’ kesehatan sekaligus merugikan berat badan Anda. Melansir Femina, ini dia kebiasaan yang dimaksud:

1. Tidak punya rencana
Memutuskan makan apa saat badan dan pikiran sudah lelah, lebih mudah menggiring Anda pada fast food dan makanan olahan yang lebih mudah disiapkan. Jangan hanya merencanakan makan siang, pikirkan juga makan malam terbaik.

2. Terlalu dekat waktu tidur
Jam berapa pun Anda makan malam, sebaiknya hindari terlalu dekat dengan waktu tidur. Beri jarak tiga jam antara waktu makan dan tidur.

Gula darah yang tinggi saat Anda mulai tidur lama kelamaan akan ditumpuk sebagai lemak, memicu resistensi insulin, berat badan meningkat, dan gangguan metabolisme.

Selain itu, tidur dalam kondisi perut baru diisi lama kelamaan akan memicu naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan (reflux). Ini pemicu terjadinya GERD, munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Makan di depan komputer atau televisi
Makan sambil menonton drama, film, atau berselancar di internet akan mengurangi perhatian terhadap makanan yang Anda konsumsi, dan membuat otak tidak merasa ‘kenyang’.

Anda jadi kurang menyadari berapa banyak makanan yang sudah masuk perut. Berusahalah untuk menikmati tekstur, rasa, dan aroma makanan yang Anda makan, agar perut dan otak sama-sama merasa kenyang.

4. Terlalu manis
Saat lelah, kue-kue manis dan creamy atau cokelat terasa sangat menggoda. Jika ingin menikmatinya sebagai pencuci mulut, sebaiknya kendalikan keinginan Anda, cukup makan dalam porsi kecil.

Kalaupun Anda tak punya masalah berat badan, gula sederhana yang terkandung di dalam makanan tadi membuat kadar gula dalam darah cepat naik dan turun, yang akan mengganggu kualitas tidur atau malah membuat Anda terbangun tengah malam. Akibatnya, Anda akan merasa lelah saat bangun tidur keesokan harinya. ** Baca juga: Ternyata, Ini Waktu yang Paling Sering Dipilih Pasangan untuk Berselingkuh

Pola makan yang sehat akan membantu berat badan stabil.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru