oleh

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Wanita Ini Bisa Rusak Sistem Kerja Ginjal

Kabar6-Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin olahraga, dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak sedikit orang memiliki kebiasaan buruk yang membawa dampak tidak baik bagi kesehatan. Ada sejumlah kebiasaan buruk dan paling sering dilakukan oleh kaum hawa, melansir Womantalk, yang ternyata bisa menyebabkan gangguan pada sistem kerja ginjal. Apa sajakah itu?

1. Kebiasaan mengemil makanan kemasan
Di waktu senggang biasanya Anda sering mengemil makanan kemasan. Sayangnya, sejumlah makanan kemasan memiliki kadar garam yang tinggi serta kandungan natrium.

Apabila terus menerus dilakukan dan menjadi suatu kebiasaan, tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan ginjal.

Menurut pakar nephrologist, bila mengonsumsi terlalu banyak garam maka akan membuat tubuh bekerja secara berlebih untuk menetralkan kembali dengan juga ikut mengeluarkan kalsium lebih banyak. Hal inilah yang berisiko pada tubuh, yakni risiko batu ginjal meningkat.

2. Sering menahan pipis
Kebiasaan yang satu ini memang terlihat sepele, namun bila dijadikan suatu kebiasaan, maka bisa berakibat mengganggu fungsi ginjal. Saat seseorang menahan buang air kecil, urine akan mengepung kandung kemih yang menyebabkan bakteri pun berkembang lebih cepat.

3. Olahraga berlebih
Olahraga memang dibutuhkan setiap orang. Namun bukan berarti Anda bisa olahraga secara berlebih. Saat tubuh dipaksa berolahraga secara berlebih, kondisi paling buruknya bisa menyebabkan rhabdomyolysis, sebuah kondisi di mana otot terluka dan menyebabkan serat tidak mengalir ke aliran darah, sehingga bisa menimbulkan komplikasi kesehatan pada ginjal.

4. Terlalu sering konsumsi daging
Mengonsumsi daging berlebih tidak baik untuk tubuh. Terlebih bila konsumsi daging tidak diimbangi dengan olahraga dan nutrisi lainnya. Bisa-bisa menimbulkan masalah pencernaan dan masalah pada ginjal.

5. Kurang tidur
Tidur menjadi waktu yang sangat penting untuk kesehatan ginjal. Jadi, bila Anda kurang tidur tidak menutup kemungkinan bisa memunculkan masalah pada kesehatan ginjal. ** Baca juga: Pura-pura Jadi Orang Kaya Ternyata Miliki Keuntungan

Yuk, jaga kesehatan dengan melatih diri menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru