oleh

Kebiasaan Berikut Bisa Perpendek Usia Lhov

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Gaya hidup yang dianut seseorang, memberi pengaruh besar bagi kesehatan tubuhnya. Karena itulah, banyak orang sudah mulai menerapkan pola hidup sehat, salah satunya agar kesehatan tetap terjaga.

Namun tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan tidak sehat, sehingga berisiko memperpendek usia. Apa sajakah itu? Apa saja kebiasaan tidak sehat itu? Dikutip dari Femina, berikut uraiannya:

1. Nongkrong di depan TV
Berdasarkan New York Times, seseorang yang usianya di atas 25 tahun berisiko memperpendek usia sekitar 21,8 menit jika menonton TV satu jam.

2. Kebanyakan di jalan
Penelitian di Umea University di Swedia menunjukkan kalau seseorang yang menghabiskan 31 mil atau lebih di jalan setiap hari, akan mengalami penurunan durasi harapan hidup. Sayangnya, ini lebih sering terjadi pada wanita.

3. Tidur minim
Harvard Medical School mengungkapkan bahwa kurang tidur berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, kepikunan, dan kematian yang lebih awal. Idealnya, kita tidur 7-8 jam per hari.

4. Kurang bersosialisasi
Brigham Young University dan University of North Carolina mengumpulkan data dari 148 studi. Hasilnya, seseorang yang tidak memiliki teman cenderung meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang supel.

5. Makan sesukanya
Penelitian dilakukan terhadap warga negara Texas oleh University of Washington Institute for Health Metrics and Evaluation. Ternyata, mereka yang tidak menjaga pola makan, meninggal tujuh tahun lebih awal dibandingkan yang hidup sehat. ** Baca juga: Yuk, Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari

Jangan tunda untuk menerapkan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru