oleh

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Lebak Bakal Siapkan Tempat Karantina

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan menyiapkan tempat karantina khusus seiring dengan terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 pasca Lebaran dari 4 menjadi 10 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak Triatno Supiyono, mengatakan, tempat karantina dibutuhkan dalam mengantisipasi peningkatan kasus yang mungkin masih akan bertambah.

“Sudah ada beberapa lokasi yang menjadi opsi kami untuk dijadikan tempat karantina, tetapi ini masih harus berkoordinasi lagi karena memang membutuhkan izin dari pihak berkaitan,” kata Triatno kepada Kabar6.com, Rabu (10/6/2020).

Selain bagi pasien positif, tempat karantina juga disiapkan bagi warga yang berdasarkan hasil tracking pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif atau disebut sebagai orang tanpa gejala (OTG).

“Untuk memastikan mereka (OTG) tetap dalam pengawasan sebagai upaya memutus mata rantai penularannya. Tapi kan bicara tempat karantina memang harus menyiapkan segala sesuatu, karena tidak mungkin blok antara OTG dan yang positif digabungkan,” papar Triatno.

“Begitu juga dengan personel, fasilitas, sarana dan prasarana lain harus benar-benar disiapkan,” tambah dia.

Peningkatan kasus positif sebanyak 6 orang dalam sehari berdasarkan dari hasil screening rapid test massal maupun pasien yang ditangani di RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung.

**Baca juga: 10 Kasus Positif di Lebak Tersebar di 7 Kecamatan.

Dinkes dan puskesmas melakukan tracking dan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk mencari kontak erat kasus dan melakukan swab terhadap kontak erat dengan kasus positi juga melakukan swab ulang terhadap kasus positif.(Nda)

Berita Terbaru