oleh

Kasus DBD di Kota Tangerang Meningkat, Masyarakat Harus Waspada

Kabar6-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mencatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) per Juni 2022 sudah berada diangka 331 kasus dengan angka kematian nol. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2021 lalu hanya berada diangka 224 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan penyakit tersebut selalu datang di setiap tahunnya dan seluruh masyarakat sudah mengetahui hal itu. Namun, pihaknya meminta kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan yang harus ditingkatkan.

“Kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk, seperti genangan air di sekitar permukiman. Seperti talang air, ban bekas, kaleng, botol, plastic, gelas bekas air mineral hingga pakaian menggantung,” ujar Dini, Rabu (22/6/2022).

Dalam mengatasi hal tersebut, kata Dini, pihaknya telah menyurati Camat, Lurah hingga Sekolah di seluruh Kota Tangerang, untuk sama-sama waspada dan memperhatikan peningkatan kasus DBD ini.

**Baca juga: Imigrasi Deportasi DPO Tersangka Dugaan Penipuan Dana Covid-19 di Jepang

Menurutnya, untuk meningkatkan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), gotong royong bersih-bersih lingkungan, hingga kembali menggalakan program satu rumah satu juru pemantau jentik (jumantik).

‚ÄúSeluruh puskesmas di Kota Tangerang juga punya kader-kader lingkungan, yang bergerak bersama ke rumah warga secara door to door untuk sosialisasi hingga pengecekan kesehatan lingkungan hingga dalam rumah. Saat ini, yang sedang digencarkan ialah pengecekan hingga sektor perkantoran. Karena potensi kena DBD dimana saja, bisa di rumah, sekolah maupun kantor,” tandasnya. (Oke)