oleh

Karnaval Bhineka Tunggal Ika Digelar di Atas Gunung Pulosari

Kabar6-Kemenpora menggelar Festival Kreatif Pemda di Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang. Kecamatan itu berada di atas Gunung Pulosari, dengan ketinggian 1.346 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL).

Pawai Bhineka Tunggal Ika dan penampilan budaya tradisional Banten digelar sebagai bentuk dukungan dari Kementrian Desa (Kemendes) dan PMK, untuk mengentaskan desa tertinggal yang ada di Indonesia dan baru pertama kali digelar di Indonesia.

“Jadi setiap kementerian berpartisipasi. Deputinya pemberdayaan pemuda. Jadi kita ambil pemuda kreatif,” kata Djunaedi, Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Kemenpora, saat ditemui di Kantor Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (15/12/2018).

Djunaedi melihat, Kecamatan Jiput yang dekat dengan Carita dan Anyer, bisa mengembangkan usaha kreatif melalui oleh-oleh makanan khas Banten, seperti emping dan suvenirnya, seperti tas rajutan dari dedaunan.

“Begitu saya lihat di sini, enggak tertinggal juga, perekonomian dan partisipasinya tinggi juga.**Baca Juga: Disdukcapil Tangsel Bakar 16.473 Keping KTP Elektronik.

Pemeirntah Kabupaten (Pemkab) Lebak berharap, Kemenpora bisa terus mensuport kreatifitas anak muda yang ada di pelosok negeri, bukan hanya di Banten.

“Supaya pemuda semakin kreatif, hiburannya juga Roompoet Hijau, band pemuda asli Pandeglang. Meningkatkan kebudayaan dan kelestariannya, sekaligus festival hiburan bagi masyarakat,” kata Cecep Djuanda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Pandeglang.(dhi)

Berita Terbaru