oleh

Kapolri Temukan Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak

Kabar-Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemukan adanya kemacetan di ruas tol Tangerang-Merak (Tamer) sepanjang 6 kilometer saat memantau arus mudik Idul Fitri 2022 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Mantan Kapolda Banten itu menerangkan ada lonjakan pemudik pada H-4 dan H-3 Idul Fitri 2022, jika dibandingkan hari yang sama di tahun 2019 lalu.

Pada tahun 2019 silam, pada H-4 dan H-3 Idul Fitri, ada 28 ribu pemudik hang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Sedangkan di tahun 2022, pada hari yang sama, berjumlah 37 ribu.

“Ekornya tadi kita liat sudah sampai KM 94, namun sudah mulai bergeser. Artinya ada kepadatan di dalam tol kurang lebih sekitar 4 sampai 6 kilometer. Kita tahu kapasitas normal untuk di Pelabuhan Merak ini menampung kurang lebih 19 ribu (kendaraan). Sehingga mau tidak mau harus dilakukan rekayasa tambahan,” kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (30/04/2022).

**Baca juga: Kendaraan Padat di Pelabuhan Merak, Pemudik Bersabar

Kapolri berpesan ke seluruh jajarannya di Polda Banten dan Polda Lampung untuk mempersiapkan arus balik Idul Fitri 2022. Saat arus balik, kepadatan akan terjadi di wilayah Lampung. Kemudian di Banten ajak diramaikan dengan wisatawan.

“Menghadapi arus balik nanti, tentu kita juga harus menyiapkan langkah-langkah ekstra, termasuk juga langkah rekayasa yang tentu harus dilakukan di wilayah Bakauheuni. Karena ini akan jadi counter balik, disana yang padat dan tentu memerlukan langkah-langkah khusus,” ujarnya. (Dhi)