oleh

Kapolda Banten: Pemudik Harap Berangkat Siang Hari

Kabar6-Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Pol Eddi Sumantri mengimbau para pemudik yang biasa berangkat malam melalui Pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatera untuk melakukan perjalanan di siang hari. Imbauan ini untuk menghindari antrean panjang hingga ke jalan tol.

“Sebagian besar pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor itu jalannya malam hari. Itu mengakibatkan antrean panjang di Pelabuhan Merak. Kami mengimbau agar mereka jalan di siang hari untuk menghindari antrean panjang sampai ke jalan tol,” kata Brigjen Pol Eddi Sumantri kepada wartawan di Serang, Kamis (25/7/2013).

Selain mengimbau pemudik, Kapolda juga menerangkan pengamanan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak sebagai pintu penyeberangan menuju Pulau Sumatera. Disebutkan, pihaknya akan menggelar Operasi Ketupat Kalimaya 2013 yang melibatkan 2.136 personel.

“Kami akan menyiagakan personel sebanyak 2.316 yang disebar di seluruh titik rawan. Di tiap Polres disiapkan sebanyak 25 unit pasukan sepeda motor,” ujarnya.

Disebutkan, pengamanan di Merak meliputi pengamanan sejak pemudik membeli tiket hingga perjalanan di dalam kapal dari Merak menuju Bakauheni. Setelah di Bakauheni, keamanan pemudik menjadi tanggung jawab Polda Lampung.

“Setiap kapal yang berangkat dari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya akan dikawal dua personel keamanan,” terang Kapolda.

 

Berita Terbaru