oleh

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menangis dan Apa Manfaatnya?

Kabar6-Menangis bisa menjadi salah satu cara orang dewasa untuk meluapkan emosi seperti sedih, kecewa, hingga kebahagian. Selain itu, menangis juga dapat melepaskan beban pikiran dan juga stres.

Namun tahukah Anda, menangis dapat menurunkan berat badan? Sebuah penelitian, melansir Okezone, menemukan fakta bahwa menangis terutama yang membawa perasaan dan emosi yang berat, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena hormon-hormon yang berasal dari tangisan emosional dapat membantu meningkatkan level kartisol seseorang. Kondisi tadi terjadi ketika mereka memiliki emosi yang sudah tidak terbendung lagi.

Fakta lain juga menyebutkan, air mata yang disebabkan oleh sesorang yang sedang stres memiliki kemampuan untuk menyingkirkan beberapa jenis zat beracun dalam tubuh.

Ini juga dibuktikan oleh ahli biokimia bernama Willian Frey, yang menyimpulkan bahwa menangis dapat membantu menghilangkan zat-zat yang cenderung menumpuk ketika manusia sedang tertekan secara emosional.

Selain itu, karena semua hormon stres yang ditekan sudah dikeluarkan melalui proses ekskresi, ketika seseorang sedang menangis, tubuh tidak lagi menyimpan timbunan lemak. Dalam penelitian itu juga disebutkan bahwa seseorang hanya mendapat manfaat ini jika menangis saat merasakan emosi yang nyata.

Saat seseorang sedang istirahat, otot jantung mereka mampu membakar sekira 8,5 kalori dalam waktu satu jam. Namun saat tubuh mereka secara emosional tertekan, detak jantung bisa meningkat, yang artinya dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar juga.

Dr Carrie Lane dari University of Texas mengatakan bahwa air mata emosional mengandung konsentrasi protein, mangan, dan hormon prolaktin yang lebih tinggi, yang dihasilkan selama bahaya atau rangsangan yang disebabkan oleh stres. Diketahui, ada tiga jenis air mata, yakni :

1. Air mata basal atau air mata fungsional dasar yang berfungsi untuk menjaga kelembapan mata.

2. Air mata refleks atau air mata iritasi yang biasanya tanpa sengaja manusia tumpahkan ketika mengalami stres lingkungan seperti asap dan angin.

3. Air mata psikis atau air mata yang terkait dengan perasaan sebenarnya dan emosi manusia. ** Baca juga: Para Dokter di Tiongkok Temukan Virus Corona dalam Sperma Pasien Positif COVID-19

Nah dari ketiganya, hanya air mata psikis yang memiliki efek menurunkan berat badan. Di samping, ada jangka waktu tertentu yang wajib Anda perhatikan untuk memaksimalkan efek ini.

Para peneliti juga menyarankan untuk menangis kapan saja dari pukul 19.00 hingga pukul 22.00. Mengapa pada waktu itu? Karena malam hari adalah waktu puncak pelepasan hormon kortisol paling banyak.

Tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan, tangisan yang positif juga memiliki efek lain yang bagus bagi tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru