Kapan Waktu Tepat Memulai Sarapan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sarapan menjadi bagian penting sebelum melakukan aktivitas. Melewatkan sarapan dapat mengganggu jam internal tubuh. Peneliti dari Universitas Tel Aviv (TAU) dan Hebrew University, mereka menemukan efek sarapan terhadap jam internal tubuh yang mengatur glukosa dan insulin setelah seseorang makan.

“Studi kami menunjukkan, sarapan memicu jam internal tubuh, yang mengarah ke kontrol glikemik, angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang lebih baik,” kata Daniela Jakubowicz dari TAU.

Jam internal tubuh, dilansir Dreamers, yang lebih dikenal dengan ritme sirkadian, tidak hanya mengatur perubahan metabolisme glukosa, tapi juga mengatur berat badan, tekanan darah, dan fungsi endotel yaitu sel yang mengatur pembuluh darah.

Dalam penelitian, sebanyak 18 sukarelawan sehat dan 18 sukarelawan obesitas yang menderita diabetes ikut serta dalam penelitian dengan melakukan sarapan dan makan siang, kemudian pada penelitian yang hanya melakukan makan siang. ** Baca juga: Ada 6 Cara Unik yang Dilakukan Pria Agar Bisa Panjang Umur

Hasilnya, waktu sarapan yang tepat itu sebelum pukul 09.30. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan keseluruhan metabolisme tubuh, peluang penurunan berat badan, dan menunda komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2.(ilj/bbs)