oleh

Kapan Waktu Tepat Konsumsi Zat Besi?

Kabar6-Dalam tubuh manusia, zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

Memastikan asupan zat besi mencukupi merupakan hal yang penting, sebab ada banyak manfaat zat besi bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian ditemukan, wanita yang mengonsumsi suplemen zat besi mengalami peningkatan performa saat berolahraga, sehingga mereka dapat berolahraga dengan lebih efisien.

Bagaimana mengetahui Anda kekurangan zat besi? Melansir Womenshealthmag, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa ada tidaknya gejala utama dari kekurangan zat besi, yaitu merasa sangat lelah. Jika sering merasa lelah atau bila merasa tidak bertenaga saat berolahraga tanpa penyebab yang jelas, mungkin Anda menderita kekurangan zat besi yang mengakibatkan terjadinya anemia.

Tanda kedua, bila Anda seorang wanita dan mengalami menstruasi dalam jumlah banyak, maka kadar zat besi dalam darah mungkin menurun akibat banyaknya darah yang keluar. Petunjuk ketiga adalah bila Anda merasa mudah marah dan sering merasa kedinginan, maka ini juga merupakan penanda bahwa mungkin Anda sedang kekurangan zat besi.

Apa yang harus dilakukan? Sebelum mengonsumsi suplemen zat besi apa pun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan benar tidaknya dugaan Anda. Dokter mungkin akan menyarankan Anda melakukan pemeriksaan darah untuk memastikannya.

Tergantung pada hasil pemeriksaan dan diagnosa, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi saja atau kombinasi berbagai jenis vitamin dan mineral yang mengandung zat besi di dalamnya. Atau dokter mungkin hanya menyarankan Anda untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak zat besi.

Seorang wanita membutuhkan sekira 18 mg zat besi setiap harinya. Anda dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian ini dengan mengonsumsi daging sapi, kacang-kacangan kering, kuning telur, gandum, dan sereal yang telah diperkaya oleh zat besi. ** Baca juga: Selain Sehat, Serat Bantu Anda Nikmati Hidup Lebih Lama

Bahkan, jika Anda tidak mengalami berbagai gejala di atas, dianjurkan agar memeriksa kadar zat besi setiap tahunnya, terutama bila Anda merupakan seorang atlet. Hal yang harus diketahui, tidak semua wanita yang mengalami kekurangan zat besi mengalami berbagai gejala di atas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru