oleh

Kapan Waktu Tepat Konsumsi Buah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengonsumsi buah-buahan segar baik secara langsung maupun dalam bentuk salad memang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh.

Namun ada satu hal yang sebaiknya diketahui yaitu kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah-buahan. Hal penting lainnya adalah bagaimana cara memakan buah itu sendiri. Dilansir Dreamers dari Bold Sky, berikut uraiannya:

1. Saat perut kosong
Saat seseorang memakan buah, tubuh menciptakan enzim untuk mencerna nutrisi. Jadi, saat memakan buah dalam keadaan perut kosong, tubuh membutuhkan sedikit waktu untuk mencerna dan nutrisi dapat diserap dengan mudah.

2. Hindari konsumsi buah setelah makan dalam porsi besar
Jika ingin mengkonsumsi buah setelah makan, usahakan jarak waktunya adalah 2-3 jam. Memakan buah langsung setelah mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak akan membuat lama pencernaan. Akibatnya, terjadi fermentasi dalam perut dan menyebabkan masalah pencernaan.

3. Waktu tepat makan buah
Para nutrisionis menganjurkan untuk memakan buah agar mendapat manfaat kesehatan dari buat tersebut adalah saat perut kosong di pagi hari. Atau di antara waktu sarapan dan makan siang.

4. Cara Konsumsi buah yang tepat
Jika Anda sedang berdiet, konsumsi buah dalam bentuk salad dengan yoghurt dan garam sebagai menu makan siang. Namun hal ini tidak berlaku jika Anda memiliki masalah asam lambung. ** Baca juga: Mengapa Seperti Ditindih Saat Tidur?

Mengkonsumsi buah dengan porsi dan waktu yang tepat, akan membuat tubuh berenergi dan aktif dalam waktu yang lama. Cobalah mengonsumsi buah di pagi hari setelah minum segelas air atau menjadikannya camilan di siang hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru