oleh

Kapan Sih Waktu Terbaik Untuk Olahraga?

Kabar6-Berolahraga sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu manfaatnya adalah untuk investasi kesehatan jangka panjang.

 

Sebagian orang berolahraga pada saat weekend. Namun banyak juga yang rutin berolahraga alias setiap hari. Lantas sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga?

 

Yuk simak uraian berikut:

 

1. Pagi hari adalah waktu yang tepat bagi Anda yang ingin berolahraga di luar ruangan. Udara segar dan bersih pada pagi hari akan membuat tubuh menjadi sehat.

 

2. Apabila Anda hanya memiliki waktu pada siang hari, disarankan agar melakukan olahraga satu jam sebelum makan siang. Alasannya, ketika lambung terisi penuh, maka kontraksi otot tidak bisa berlangsung dengan baik. Olahraga yang dilakukan pun sebaiknya jangan terlalu berat, sehingga tidak menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

 

3. Untuk Anda yang lebih memilih berolahraga pada malam hari, sebaiknya dilakukan empat jam sebelum tidur. Waktu tersebut dinilai ideal untuk menghindarkan Anda dari gangguan susah tidur. ** Baca juga: Segudang Manfaat Wortel yang Harus Anda Tahu

 

Pada dasarnya, berolahraga tidak harus ditentukan oleh waktu. Hanya disarankan agar Anda berolahraga setidaknya 20 menit setiap harinya. Namun jika Anda memang lebih serius berolahraga, usahakan seminggu sekali berolahraga selama satu jam. Lakukan dua hingga empat kali seminggu.

 

Ingat, olahraga jangan dilakukan terlalu berlebihan, karena tubuh pun memiliki batas kemampuan, dan pada dasarnya otot tidak bisa dipaksa. Disarankan agar berolahraga maksimal salama satu jam. (ilj)

Berita Terbaru