Kapal Roro 5.000 GT Beroperasi, Merak-Bakauheni Hanya 1,5 Jam

Pelabuhan Merak. (dhi)

Kabar6-Tahun depan, waktu tempuh penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni akan dipersingkat menjadi 1,5 jam. Hal tersebut bakal terealisasi saat Kapal Roll On-Roll Off (Roro) berkapasitas lima ribu Gross Ton (GT) beroperasi.

“Sehingga waktu minimum tempuhnya sekitar 1,5 jam. Kalau sekarang ini kan normalnya dua jam,” ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubingan (Kemenhub) Sugihardjo saat ditemui di kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten, di Kota Serang, Senin (04/12/2017).

Meski begitu, PT ASDP Ferry Indonesia selaku operator jasa kepelabuhanan harus mengeruk kembali setiap dermaga di Pelabuhan Merak agar bisa dimasuki kapal RoRo berukuran besar.

“Artinya dengan enam pasang dermaga, dengan kapal besar itu bisa menampung kebutuhan darat, baik truk, bus maupun pribadi pada saat keadaan puncak,” terangnya.**Baca Juga: Hingga 2019, Pemerintah Rencanakan Pembangunan Jalan Tol 1.000 Km.

Nantinya diharapkan antrean kendaraan dan penumpang di pelabuhan paling barat Pulau Jawa tak lagi terjadi saat puncak libur panjang dan arus mudik.

“Sekarang ada enam pasang dermaga, dengan dimulai (pembangunan) nanti tahun,” terangnya.(dhi)